27.6 C
Bogor
Thursday, May 9, 2024

Buy now

spot_img

Bantu PMI Ketersediaan Darah, Iluni 95 Gelar Donor Darah Bersama Al Mustarih dan Kwarran Bobar

Bogor | Jurnal Bogor
Ikatan Alumni Angkatan 1995 (Iluni 95) SMA Rimba Madya Kota Bogor konsisten menjalankan program kemanusiaan yang rutin setiap tiga bulan sekali yakni donor darah. Kali ini, donor darah dilakukan di Sekolah Islam Al Mustarih bersama PMI Kota Bogor dan Kwarran Gerakan Pramuka Bogor Barat. Pada penyerahan cindera mata diberikan bibit durian dengan pesan singkatnya dimanapun kita berada selalu mengajak untuk menanam pohon.

“Kami berkeliling ke beberapa tempat dan kebetulan Al Mustarih dan Kwarran Bobar adalah mitra kami. Kegiatan donor darah sudah teragendakan di tahun sebelumnya,” kata Zaenal Mutaqin, Penasihat Alumni SMA Rimba Madya 95.

Dia mengajak semua pihak untuk bisa melakukan donor darah. Pasalnya, sedekah darah yang diperlukan orang lain akan bermanfaat terhadap diri sendiri yakni lebih sehat dan bugar.

“Upaya kami tetap melakukan kegiatan donor darah, membantu PMI menjaga stok darah agar tetap stabil karena darah keberadaannya penting di rumah-rumah sakit ketika pasien membutuhkan darah,” jelasnya.

Namun ketika melakukan donor darah memang tak semua bisa langsung diambil darahnya karena harus melalui pemeriksaan, mulai dari usia, HB, tekanan darah dan fisiknya harus dalam kondisi sehat.

“Tadi ada 98 pendonor dan yang lolos ada 60 orang. Upaya kami bersama teman-teman di alumni juga ingin menggugah kesadaran masyarakat agar mau donor darah, manfaatnya banyak kok,” tandas Zaenal.

Sementara pada donor darah tersebut diikuti guru-guru, orangtua siswa, alumni Rimba Madya dan masyarakat sekitar. Hadir juga Ketua PMI Kota Bogor Edgar Suratman dan Ketua Kwarran Bogor Barat.

Pihaknya sengaja menggelar kegiatan donor darah masih di sekitar Bogor Barat karena aksesnya yang mudah dijangkau dari pusat kota. Pengurus Iluni 95 Rimba Madya juga memastikan hadir pada acara HUT PMI ke-78 pada 17 September nanti di Alun-alun Kota Bogor.

** Asep S.Sayyev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles