29.6 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Mahasiswa KKN Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

Leuwisadeng | Jurnal Bogor

Agar terciptanya lingkungan yang bersih sehingga jadi dambaan semua warga, para mahasiswa dari berbagai universitas kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor melakukan bersih-bersih sampah.

Dengan inisiatif para mahasiswa dari  Universitas Pakuan (Unpak), Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor dan Universitas Nusa Bangsa, STKIP Arrahmaniyah serta STIE Dewantara bersama dengan masyarakat Kampung Paku RW 04 turun langsung ke sungai yang dipenuhi oleh sampah rumah tangga.

Mereka bahu membahu mengangkat sampah yang memenuhi aliran sungai Cimanggu di Dusun Dua. Salah satu mahasiswa dari UIKA Mochammad Tamam Mulya mengatakan, bersih-bersih dilakukan dalam rangka kesadaran lingkungan.

“Memulai membersihkan sungai yang dipenuhi dengan sampah, yaitu aliran sungai Cimanggu,” katanya. Senin (28/08/2023).

Dia menjelaskan, dengan bersih warga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Sementara, kata dia sampah-sampah tersebut akan diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Tujuannya agar lingkungan bersih serta aliran air yang bersih dari sampah. Karena aliran air Cimanggu ini bisa bersambung dengan aliran sungai Cikaniki. Sehingga tentu aliran air ini banyak warga yang masih menggunakannya,” jelasnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan bisa menjadi contoh bagi warga sekitar untuk menjaga kebersihan.

“Kami memberikan edukasi agar warga ikut menjaga kebersihan sungai. Semoga kedepannya mereka tergerak untuk membersihkan apabila terdapat sampah yang berada di sungai. Jangan sampai sungai menjadi kumuh dengan adanya tumpukan sampah,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles