26.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Warga Ligarmukti Andalkan Sumber Mata Air Sodong

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Berbeda dengan beberapa wilayah di Bogor Timur yang mulai dilanda kekeringan, warga Desa Ligarmukti, Klapanunggal, Kabupaten Bogor sampai kini masih memiliki ketersediaan sumber air bersih. Hal ini lantaran keberadaan sumber mata air Sodong yang terus mengalirkan air dan tidak terpengaruh oleh musim kemarau.

Warga pun bersyukur lantaran keberadaan sumber mata air Sodong tersebut sangat membantu warga dalam mendapatkan pasokan air bersih dan irigasi pertanian.

“Alhamdulilah kalau untuk ketersedian air di Ligarmukti masih cukup. Karena mata air Sodong ini tetap mengalir walaupun musim kemarau. Jadi warga juga bersyukur di sini ada mata air yang dapat membantu warga pada saat musim kemarau seperti sekarang,” kata Kepala Desa Ligarmukti, Sanin kepada Jurnal Bogor, Kamis (24/8/23).

Menurut dia, sumber mata air Sodong dimanfaatkan warga untuk keperluan air sehari-hari. Selain itu, mata air Sodong juga dimanfaatkan para petani untuk mengairi sawah pada saat kemarau dan pada saat tidak ada curah hujan.

“Kalau untuk kebutuhan air bersih rumah tangga masih cukup. Untuk pertanian juga masih bisa disuplai dari mata air ini. Jadi petani tidak mengalami gagal panen,” ujarnya.

Samin mengatakan, selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Desa Ligarmukti, warga dari Kecamatan Jonggol juga memanfaatkan sumber mata air sodong untuk keperluan rumah tangga. Setiap hari saat pagi dan sore, khususnya pada musim kemarau warga dari desa yang berbatasan dengan Ligarmukti mengantri dengan membawa derigen guna mendapatkan air bersih.

“Kalau musim kemarau seperti ini tidak hanya warga Ligarmukti yang memanfaatkan sumber mata air ini. Karena warga dari Jonggol seperti Desa Singasari juga datang kesini untuk mengambil air bersih. Karena di desa mereka sudah sulit air karena kemarau,” ucapnya.

Samin berharap, sumber mata air Sodong dapat terus mengalir dan membantu warga guna mendapatkan pasokan air bersih. Karena jika tidak ada sumber mata air tersebut, Desa Ligarmukti akan seperti wilayah lain yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih guna kebutuhan rumah tangga dan sektor pertanian.

“Alhamdulilah sampai sekarang, mau musim hujan atau kemarau tetap mengalir. Ya kami berharap ini akan terus mengalir sehingga warga tidak mengalami kesulitan air pada saat kemarau,” tandasnya.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles