26.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Banjir, KP2C Minta Percepatan Pengerukan Kali Bekasi

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) meminta BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane) melakukan percepatan pengerukan Kali Bekasi mumpung saat ini sedang musim kemarau. “Jika sudah memasuki musim hujan akan sulit melakukan pengerukan,” ujar Ketua KP2C, Puarman, Kamis (24/8/2023) saat meninjau pekerjaan pengerukan Kali Bekasi di sekitar Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi.

Menurut Puarman, pengerukan Kali Bekasi akan membuat daya tampung sungai akan bertambah dan bisa mencegah dan meminimalisasi dampak banjir ketika musim hujan.

“Kami mengapresiasi pengerukan yang dilakukan dan alangkah baiknya jumlah alat berat bisa ditambah agar volume pengerukan bisa lebih optimal,” pinta Puarman.

Demi kepentingan yang lebih besar untuk pencegahan banjir, Puarman memaklumi bila  selama pekerjaan ada warga yang terdampak oleh bisingnya alat berat ataupun debu.

“ Kita maklumi saja sebagai ekses sebuah pekerjaan besar,” ujar Puarman, seraya menambahkan bahwa anggota KP2C sebagai warga terdampak banjir yang mencapai 32.000 jiwa sangat terbantu dengan pengerukan ini.

Selain pengerukan Kali Bekasi, Puarman juga berharap adanya percepatan normalisasi Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas. Jika program pengendalian banjir di tiga sungai ini selesai, diharapkan warga akan terbebas dari banjir dan mimpi warga akan terwujud yaitu hidup aman dan nyaman bersama sungai.

Sementara salah satu warga SGP Syaekhu mengatakan dengan adanya normalisasi sungai ini berharap bisa sedikit mengurangi banjir yang ada di wilayahnya, dan sudah terlihat kondisi airnya pun sudah mulai berkurang, sehingga lahan atasnya bisa digunakan aktivitas olahraga.

“ Kondisi airnya sudah mulai berkurang, dan lahan datarnya saat ini sudah bisa dipakai main bola,” pungkas Syaekhu.

** Nay Nurain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles