26.8 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Mengisi Kemerdekaan dengan Pembangunan Dijadikan Tema Perayaan HUT RI ke-78 Desa Jonggol

Jonggol | Jurnal Bogor

Dalam memperingati HUT RI ke-78, Pemerintah Desa Jonggol, Kabupaten Bogor mengadakan rangkaian acara mulai dari Lomba Karnaval Antar Kampung Tingkat Desa, perlombaan rakyat, penganugerahan penghargaan  kepada masyarakat di berbagai bidang, dan ditutup dengan hiburan band dengan vokalis anggota Karang Taruna Desa Jonggol.

Acara yang dikemas dalam Gebyar Kemerdekaan RI ke-78 ini menampilkan karnaval yang multietnis, adat dan budaya sesuai dengan komponen masyarakat Desa Jonggol.

Dalam sambutannya Kepala Desa Jonggol, H. Yofi Mohamad Safri, S.E.,M.Si. menjelaskan bahwa akselerasi pembangunan dapat dilakukan dengan maksimal karena didukung oleh kondisi masyarakat yang majemuk, cerdas partisipatif serta kondusif.

” Kondusifitas di Desa Jonggol relatif sangat baik, masyarakatnya memang sudah cerdas dan turut serta dalam pembangunan sehingga hanya segelintir orang yang masih belum move on akibat perhelatan politik, namun tidak menjadi hambatan yang berarti bagi Kades Jonggol dalam menjalankan programnya,” ungkap Yofi kepada Jurnal Bogor.

Lebih lanjut Yofi memaparkan hasil-hasil pembangunan yang dicapai dalam masa 3 tahun. Dalam bidang ekonomi, Pemdes Jonggol telah berhasil membentuk BUMDes dengan status maju. Dengan kontribusi PAD BUMDes, perkembangan UMKM yang pesat serta IDM yang meningkat sehingga tidak heran jika Pemdes Jonggol dalam tahun 2021 berhasil menjadikan Desa Mandiri satu-satunya di Kecamatan Jonggol, lalu di tahun 2022 diikuti desa lainnya.

” Atas keberhasilannya, Pemdes Jonggol di akhir 2022 menerima penghargaan dari Kemendes PDTT berupa piagam dan lencana. Bukan hanya itu saja, di pertengahan 2023 kembali menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat yaitu Mobil MASKARA (Mobil ASpirasi KAmpung juaRA) atas keberhasilannya sebagai Desa Mandiri yang pertama di Kecamatan Jonggol,” tandasnya.

Lebih lanjut Yofi menjelaskan, keberhasilan Pemerintah Desa Jonggol dalam pengelolaan lingkungan juga memperoleh penghargaan untuk Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Posal Mandiri dalam lomba KRL Tingkat Kabupaten Bogor 2021 dan kembali mendapatkan 2 penghargaan untuk 2 KRL yaitu KRL Posal Mandiri dan KRL Jeprah Lebak di tahun 2022.

” Keberhasilan di bidang sosial, Desa Jonggol bersama karang taruna dan pegiat sosial  serta komunitas lain dan para donator setiap tahun mengadakan sunatan massal dan santunan bahkan donor darah.  Program Jumat Berkah pun menjadi besutan yang dilakukan Pemdes Jonggol  bersama Katar Desa  dan Komunitas Semesta Hati,” jelasnya.

Melalui aspirasi pun, sambung Yofi,  Desa Jonggol telah membangun 35 unit sanitasi, 45 unit Rutilahu, 4 saluran pengairan tersier, jembatan penghubung kampung, 1 lumbung padi, 1 bendungan Cekdam, infrastruktur desa wisata, permodalan Bumdes. Lalu pembangunan infrastruktur Samisade, Dana Desa, Bankeu Provinsi Jabar telah dilaksanakan berdasarkan prioritas, selain itu pembangunan Masjid Pojok Salak Lebak dan sarana wudhu sanitasi Masjid Jagaita dari CSR melalui PKS pun didapatkan oleh Pemdes Jonggol.

” Di bidang pengembangan sumber daya manusia, Desa Jonggol mengadakan program kursus bahasa Inggris gratis yang diberi nama Jonggol English Course, selain itu penggemblengan dalam berorganisasi melalui pelatihan Karang Taruna Desa Jonggol,” paparnya.

“Saya mengucapkan terimakasih dan meminta agar masyarakat membantu mendoakan, agar saya bisa lebih cepat  melakukan pembangunan baik infrastruktur maupun manusianya,” ucapnya menutup sambutan.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles