26.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Seni Teater Hiasi HUT RI ke-78 Pemerintah Kecamatan Gunung Putri

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Muspika Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Kantor Kecamatan Gunung Putri, Kamis (17/8/23).

Dalam kegiatan tersebut Camat Gunung Putri Drs. Didin Wahidin, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Wakapolsek Gunung Putri Didin Komarudin bertindak sebagai perwira upacara, Kapolsek Gunung Putri Kompol Bayu Tri Nugraha Hidayat bertindak sebagai pembaca UUD 1945, dan Danramil 0621-05 Gunung Putri Kav LA Ahmadin bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi.

Sementara, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) terdiri dari perwakilan SMKN 1 Gunung Putri, SMK Bina Bangsa Mandiri, SMA Bina Bangsa Mandiri dan SMA Bunda Hati Kudus. Upacara Bendera Merah Putih untuk memperingati HUT RI ke-78 tersebut turut diikuti oleh  Forkopimcam, ormas, karang taruna, anggota dewan, dan seluruh siswa siswi SD, SMP, SMA/SMK di Kecamatan Gunung Putri.

Selanjutnya Camat Gunung Putri Drs. Didin Wahidin, M.Si menjelaskan bahwa peringatan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan yang ke-78 di Kecamatan Gunung Putri melaksanakan serangkaian kegiatan. Mulai dari marchingband oleh siswa siswi SMPN 1 Gunung Putri, upacara pengibaran bendera, dan penampilan kreasi drama teater.

” Penampilan teater drama memperlihatkan perjuangan para orang tua kita dulu untuk merebut kemerdekaan. Bagaimana merebut kemerdekaan dari penjajahan dan itu sangat mengharukan sekali, dan sangat motivasi buat warga Kecamatan Gunung Putri,” tuturnya.

Didin menyebut, untuk saat ini kita sebagai generasi penerusnya harus mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya, menumbuhkan persatuan dan kesatuan untuk membangun wilayah kita dan membangun negara Indonesia untuk lebih maju.

” Kegiatan upacara memperingati HUT RI di Kecamatan Gunung Putri ini ada juga diadakan deklarasi ODF deklarasi bebas dari buang air besar sembarangan, mudah-mudahan dengan telah dilakukan deklarasi, bahwa di Kecamatan Gunung Putri ini sudah tidak ada lagi masalah yang buang air besar sembarangan,” tandasnya.

“ Tetap semangat membangun kehidupan untuk berjuang bagi negara Indonesia ini, kita sebagai warga negara Indonesia harus cinta tanah air terhadap bangsa kita. Terus melaju dan Indonesia maju,” tambahnya.

Sementara, Ketua Apdesi Kecamatan Gunung Putri, Udin Saputra mengucapkan alhamdulillah karena acara pengibaran bendera HUT RI yang ke-78 tahun ini di tingkat Kecamatan Gunung Putri berjalan sukses dan kompak.

” Kami dari APDESI mempersembahkan penampilan drama yang  mengisahkan perjuangan warga atau tokoh pahlawan yang ada di Gunung Putri Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Menurutnya, makna dari upacara, selain untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, juga sebagai rasa syukur kita karena sudah merdeka selama 78 tahun.

” Saya berharap, tahun berikutnya bisa lebih meriah lagi dari ini, bukan hanya dalam pelaksanaannya melainkan juga betul-betul merasakan arti merdeka itu sendiri, yang diawali oleh diri kita sendiri,” pungkas Udin mengakhiri.

** Nay Nurain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles