29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Waspada, Penipuan Lewat Pesan APK Undangan

Dramaga l Jurnal Bogor

Modus penipuan peretasan dan penipuan online dengan trik menyebarkan malware melalui file APK (Android Package) surat undangan pernikahan tengah marak. Kita jangan pernah membuka dan mendownload link yang dikirim penipu dan sebaiknya langsung hapus saja.

Kepala Desa Babakan, dan staf Kecamatan Dramaga jadi korban pengiriman APK lewat WhatsApp. Beruntung, tidak banyak yang kena tipu dan handphone-nya bisa kembali digunakan.

Para pelaku kejahatan siber menipu dengan berbagai modus melalui WhatsApp yang berusaha agar korban membuka dan menginstal file APK tersebut agar dia bisa mencuri data dan uang korban.

“Saya ngga ngerti tiba-tiba WhatsApp kena hacker. Mungkin gara-gara membuka pesan APK undangan pernikahan yang dikirim lewat WhatsApp,” ujar Kepala Desa Babakan Ahmad Yani, kepada wartawan, Selasa (15/8).

Yani mengungkapkan sejak handphone diretas, aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan. Malahan tidak sedikit yang menanyakan akan adanya kiriman APK undangan pernikahan yang dikirimkan secara berantai tersebut. Padahal, dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

“Beruntung tidak ada yang kena tipu oleh pelaku. Saya meminta warga mewaspadai adanya pesan WhatsApp tidak dikenal yang mengirimkan APK,” imbaunya.

Hal senada juga menimpa Pelaksanaan Seksi Pemerintah  Kecamatan Dramaga, Wildan yang mengungkapkan awalnya dirinya tidak mengetahui bahwa Hp-nya sudah diretas. Dirinya baru menyadari, ketika diberitahu oleh teman satu kantor ada  pesan WhatsApp yang berisi APK undangan  pernikahan. Padahal, dirinya tidak pernah mengirim pesan WhatsApp ke siapapun dan tidak ada yang menikah.

 “Ketika saya cek, aplikasi WhatsApp di-Hp sudah tidak bisa digunakan lagi. Saya baru sadar bahwa HP saya ada yang ngeretas,” ungkapnya.

Wildan menambah hp yang sudah diretas tersebut, aplikasi WhatsApp-nya tidak bisa digunakan. Untuk memulihkan kembali HP tersebut dirinya meminta bantuan teman yang mengerti tentang IT.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mendownload APK yang tidak dikenal agar tidak mudah diretas.

“Beruntung HP bisa kembali normal, dan tidak ada yang kena tipu dengan modus mengirimkan APK surat undangan pernikahan,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles