33 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Buat Hiburan untuk Kaum Ibu, Udin Saputra Gelar Lomba Qasidah

Gunung Putri | Jurnal BogorĀ 

Peringati HUT RI ke-78, Pemerintah Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, menggelar lomba seni qosidah tingkat desa, yang diikuti oleh seluruh perwakilan dusun yang ada di Desa Ciangsana, Sabtu (12/08/23).

Hadiah jutaan rupiah pun disiapkan untuk pemenang lomba qasidah tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI ke 78 Tahun, Pemdes Ciangsana menggelar perlombaan seni qasidah. Yang saat ini peserta semua peserta warga asli Desa Ciangsana, yang didominasi oleh kaum ibu rumah tangga,” ucap H. Dharma Agusnan Putra, selaku ketua Panitia Lomba Seni Qasidah kepada Jurnal Bogor.

Untuk yang menjadi juri, sambung H.Darma, dihadirkan dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LSQI) dari Provinsi Jawa Barat, dan dari Kabupaten Bogor.

“Jadi artinya kompetensi ini, para juri ada di bidangnya masing-masing. Ada juri yang menilai vokal, penampilan gerakan dan aransement,” tuturnya.

Sementara Kepala Desa Ciangsana H. Udin Saputra mengatakan, bukan hanya qasidah,  Desa Ciangsana juga mengadakan lomba dongdang, Poskamling, dan K3.

“Namun, khusus lomba qasidah ini, Pemerintahan Desa Ciangsana ingin mengajak kaum ibu-ibu untuk hiburan dan bersinergi,” kata Udin.

“Walaupun sebatas hiburan, tapi saya ingin lomba qasidah ini dilaksanakan serius. Makanya, saya hadirkan juri tingkat nasional guna mengantisipasi protes warganya, ” tambahnya

Udin menyampaikan, lomba qasidah ini akan berkelanjutan kedepannya, mungkin saat Tahun Baru Islam. Dirinya berharap,  serangkaian lomba yang diadakan, selain untuk mengenang jasa para pahlawan, juga untuk menjalin silaturahmi warga Desa Ciangsana.

“Karena hanya dengan mengadakan suatu acara, bisa mempertemukan warga yang satu dengan yang lainnya. Hingga silaturahmi pun akan terjalin,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles