30.6 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Perpustakaan Moderen Kota Bogor

Oleh:

Dr.Ir.H.Apendi Arsyad, M.Si *)

Jurnalinspirasi.co.id – Oh ya bu Dr Sri Buchori, Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat, setelah beliau bu Sri melihat gambar saya menyerahkan prosiding Seminar Kepahlawanan KH Sholeh Iskandar, salah seorang pendiri ICMI Orwil Khusus Bogor dan Ketua Penasehatnya 1991-1992 kepada bpk Rudy Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor,  yang saya posting di beberapa WAG pada Selasa 8 Agustus 2023. Ibu Dr.Sri, sahabat dan mitra diskusiku di Wankar ICMI, pun merespon singkat dan bertanya. “Perpustakaannya isinya buku tentang apa saja pak AA?”

Saya pun menjawab bahwa Kota Bogor sejak setahun lalu, berkat kepemimpinan kaum muda yang visioner dan energik Dr Bima Arya, bukan saja ruang terbuka dan taman-taman kota yang rapi, indah dan nyaman, tempat berekreasi. Akan tetapi Kota Bogor sekarang sudah memiliki sebuah Perpustakaan Modern, beralamat di jln Kapten Muslihat Bogor, bekas gedung DPRD Kota Bogor lama, telah berubah fungsi menjadi Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor.

Gedung perpustakaan tersebut begitu indah dengan artistektur warisan kolonial, Buitenzorg, dengan fasilitas, tersedia beberapa arena dan ruang-ruang baca, gallery, digital library, ada ruang pojok Pahlawan Nasional Suryo Tirto Adi tokoh wartawan nasional perintis koran perjuangan Bumi Putra dll bagus untuk sarana edukasi dan literasi generasi muda, serta terdapat ruang seminar dengan audiovisual yang baik sekali, dengan deretan kursi berarsitek dan gaya balkon.

Kini perpustakaannya sedang dan terus berbenah, terutama melengkapi sarana perbukuan, jurnal ilmiah, prosiding seminar, dokumen ilmiah dan arsip kesejarahan yang bernuasa literasi dan edukasi.

Di perpustakaan gambar-gambar para Pemimpin Nasional seperti bpk Ir.Soekarno, Drs.Muh.Hatta, sang Proklamator dll, termasuk gambar para Wali Kota Bogor sejak era pra kemerdekaan, era kolonial Hindia Belanda hingga sekarang era reformasi ada gambar Diani Budiarto dan Bima Arya Sugiarto. Ada juga sejumlah display gambar-gambar flora dan fauna Indonesia, serta sketsa aneka budaya masyarakat Indonesia dengan aneka etnis, hidup berdampingan rukun dan damai.

Dilihat dari catatan kaki pada display-display (banner) tersebut, tampak bahwa sebagian dokumen tersebut sumbernya berasal dari Perpustakaan Universitas Leyden Belanda.

Jujur perpustakaan ini sungguh menarik, pelayanan ramah, mudah menelusuri literasi berbasis digital, dan sangat layak untuk dikunjungi dalam upaya membuka wawasan kesejarahan dan khazanah keilmuan, yang kian berkembang, serta tersedia mushola yang bersih tempat ibadah sholat, yang terpisah pria dan wanita.

ICMI Orwilsus Bogor, Sabtu 22 Juli 2023 yang lalu telah menyelenggarakan Seminar “Membedah Pemikiran KH Sholeh Iskandar Ulama Patriotisme Dalam Pembangunan Menuju Pahlawan Nasional”. ICMI Bogor bekerjasama dengan Pemkot Bogor cq TP2PG Kota Bogor dan Yayasan Hanjuang Bodas yang dipimpin Akang Rd.Ace Sumanta, SIP.SH Tokoh Budayawan Sunda, sekaligus juga beliau Wakil Ketua MPW ICMI Orwil Khusus Bogor, bertindak selaku Ketua OC Seminar dan bertindak Sekretaris OC Seminar add Audhillah Azizy SP,M.Si (Sekum MPW ICMI Orwil Khusus Bogor) selaku moderator seminar yang dihadiri tokoh masyarakat dan para guru sejarah SMP se-Kota Bogor.

Ada 5 narasumber seminar yaitu (1) Dr.H.Arief Rachman Badrudin, MM (Sekretaris TP2GD Kota Bogor/Ketua ICMI Orsat Bogor Barat Kota) dengan topik “Peran dan fungsi Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD)”.

Pembicara kedua saya Dr.Ir.H.Apendi.Arsyad.MSi (Akademisi Universitas Djuanda Bogor, peneliti Bogor Dayeuh Ulama) temanya “Mengupas Profil KH Sholeh Iskandar Sebagai Ulama intelek”, pembicara ketiga Rd.Ace Sumanta (Budayawan, Ketua YBHB) dengan tema “Mengupas Perjalanan Perjuangan KH.Sholeh Iskandar Sebagai Pahlawan Sejati”, dan pembicara terakhir, kelima Auhadillah Azizy S.Pi, M.Si (Sekum ICMI Orwilsus Bogor) dengan tema “Menggali Nilai-Nilai Perjuangan dan Kepahlawanan Ulama Patriot KH Sholeh Iskandar”. Diskusi dan presentasi materi seminar dipimpin Dr.Warcito SP.MM (Wakil Ketua ICMI Orwil Khusus Bogor, Dosen IPB University) selaku moderator.

Hasil seminar inilah yang saya sampaikan kepada bapak Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor, untuk diarsipkan dan harapannya menjadi bahan bacaan untuk meningkat budaya literasi dan edukasi bagi para pengunjung dan pengguna jasa Perpustakaan Moderen Kota Bogor tersebut, terutama kalangan generasi muda agar mengerti sejarah bangsa.

Mereka yang memberikan keynote speaker dalam acara Seminar, Sabtu yang lalu, Rektor UIKA Bogor, yakni sahabat saya Prof.Dr.H.Endin Mujahidin.MSi, beliau menjelaskan jasa-jasa dan ketokohan Ajengan KH Sholeh Iskandar, pendiri UIKA Bogor.

Sedangkan sambutan atas nama Wali Kota Bogor adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, dan bpk Rudy Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor selaku tuan rumahnya tempat seminar, menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan seminar pemikiran kepahlawanan Ajengan KH Sholeh Iskandar.

Saya mengajak, kapan-kapan ibu Dr.Sri Buchori dkk dari MPP ICMI, bisa berjalan-jalan di Kota Bogor, jika ingin berwisata sains dan kuliner ke Kota Bogor jangan lupa sempatkan mampir ke Perpustakaan Moderen Kota Bogor, yang baru selesai dibangun di era kepemimpinan Wali Kota Bogor, kang Bima Arya.

Apabila berekreasi ke daerah Bogor, jangan lupa pula membawa anggota keluarga: anak-anak dan cucu-cucu, mereka pasti betah berlama-lama di arena perpustakaan, menelusuri literatur yang beragam macam, sebab ruangnya pun aman dan sangat nyaman ber-AC. Di ruang perpustakaan terdengar hiburan lagu-lagu dengan musik intrumen dengan suara yang sayup-sayup.

Di sekitar gedung perpustakaan tersedia berjejeran resto dan warung-warung kuliner dengan aneka menu masakan yang enak dan lezat, dan bisa bersantai di Alun-alun Taman Kota Bogor yang cantik dan tertata rapi dengan aneka bunga dan tumbuhan, tersedia WC yang terjaga kebersihannya, ada pula masjid Agung yang luas tempat beribadah yang baru renovasi, pasar Anyar tempat belanja aneka barang dan pusat busana, serta sarana transportasi Stasion KRL juga sangatlah dekat, mudah diakses dengan berjalan kaki, tidak begitu jauh dari gedung perpustakaan tersebut.

Semoga narasi informasi ini, bermanfaat bagi para pembaca bagaimana kondisi teranyar mengenai Kota Bogor sekarang. Hatur nuhun bu Dr Sri…sehat, berbahagia selalu, dan tetap bersemangat untuk menebar kebaikan..Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kehidupan kita, Aamiin. Syukron barakallah. Wassalam

====✅✅✅

*) Pendiri dan Kawanhat ICMI Bgr, Pendiri dan Dosen Senior.Universitas Djuanda Bogor, Konsultan K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles