26.2 C
Bogor
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Tata Letak Perusahaan Limbah Yang Ideal Dengan Lingkungan

Oleh:
Allegra Aura Fitra
(Karyawan PT Hijau Lestari Prakarsa Utama)

jurnalinspirasi.co.id – Berdasarkan visi dari PT Hijau Lestari Prakarsa Utama yang menyebutkan bahwa menjadi perusahaan profesional yang terdepan di bidang manajemen lingkungan dan pelayanan pengelolaan limbah. Sehingga, semua kegiatan yang berada di PT HLPU sangat mengedepankan kegiatan yang ramah lingkungan.

Dapat dilihat berdasarkan tata letak perusahaan yang berada jauh dari pemukiman warga sehingga meminimalkan pencemaran udara akibat aroma yang menyengat saat proses pengelolaan atau pemanfaatan limbah. Menyediakan tempat sampah yang sudah memenuhi kriteria yang sesuai dengan peraturan pemerintah, yaitu tempat sampah yang telah dibedakan berdasarkan sifat dan jenisnya.

Menurut lembaga lingkungan hidup, hampir 60% suatu tempat, kawasan ataupun perusahaan yang tidak memiliki sampah terpisah. Memiliki tempat sampah terpisah adalah salah satu cara untuk merealisasikan gaya hidup ramah lingkungan, karena pada hakikatnya suatu tempat, kawasan ataupun perusahaan menjadi pusat aktivitas manusia terbanyak yang akan menghasilkan sampah organik ataupun anorganik.

Riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan sebanyak 24 persen sampah di Indonesia masih tidak terkelola. Yang dapat ditarik kesimpulan dari sekitar 65 juta ton sampah yang diproduksi di Indonesia tiap hari, sekitar 15 juta ton mengotori ekosistem dan lingkungan karena tidak ditangani.

Sedangkan, 7 persen sampah didaur ulang dan 69 persen sampah berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). sampah organik sebanyak 60 persen, sampah plastik 14 persen, diikuti sampah kertas (9%), metal (4,3%), kaca, kayu dan bahan lainnya (12,7%).

Hal tersebut dikarenakan masih banyak masyarakat Indonesia dalam membuang sampah tidak langsung dipilah sehingga membuat petugas kebersihan bekerja sebanyak 2 kali dan hal ini mengakibatkan tidak optimalnya pengumpulan sampah. Bahkan masih banyak masyarakat Indonesia yang membuang sampah dialam ataupun langsung ke sungai sehingga tidak masuk dalam pengumpulan sampah oleh petugas kebersihan.

Sesuai dengan visi PT. Hijau Lestari Prakarsa Utama, yang menunjukkan sikap ramah lingkungan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peka terhadap lingkungan, yang bisa dimulai dari hal kecil seperti memilah sampah.

Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180425101643-282-293362/riset-24-persen-sampah-di-indonesia-masih-tak-terkelola
https://dlh.kulonprogokab.go.id/detil/1148/ide-kreasi-sampah-terpilah
https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/pengantar.php#:~:text=Komposisi%20sampah%20Indonesia%20berupa%20sampah,kulit%2C%20kaca)%2017%25.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/08/komposisi-sampah-di-indonesia-mayoritas-sisa-makanan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles