28.8 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Diusulkan Warga, Pemdes Leuwimekar Gunakan Samisade Bangun Jalan Lingkungan

Leuwiliang l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Leuwimekar, Leuwiliang, Kabupaten Bogor memperbaiki jalan lingkungan menjadi lebih baik lagi menggunakan aspal hotmix dari program Samisade ( Satu Miliar Satu Desa). Pengerjaan jalan lingkungan ini atas dasar usulan masyarakat sehingga Samisade tahap awal sebesar 60 persen dialokasikan untuk jalan lingkungan, begitu juga tahap berikutnya  40 persen masih fokus untuk insfratruktur jalan lingkungan.

Kepala Desa Leuwimekar Sumarno menjelaskan, jalan-jalan besar berstatus jalan desa telah terealisasi dilakukan peningkatan jalan. “Jadi, kali ini Samisade kami fokuskan untuk hotmix jalan lingkungan. Secara keseluruhan bangunan jalan lingkungan dari program Samisade sepanjang 4.530 meter,” kata Sumarno kepada Jurnal Bogor, Rabu (2/8/2023).

Sebanyak 13 RW di wilayahnya, menurutnya hampir seluruhnya telah tercover pembangunan. Hanya saja untuk di RW 09,10 serta RW 11 tinggal dilakukan peningkatan.

Sebelumnya RW 09,10 dan RW 11 beberapa tahun lalu telah dilakukan betonisasi sehingga progresnya pada 2024 mendatang jalan tersebut bakal dilakukan peningkatan berupa pengerjaan hotmix.


Pihak desa kata dia memanfaatkan anggaran insfratruktur desa melalui program Samisade tahun anggaran 2023 difokuskan terhadap jalan lingkungan tepatnya di Kampung Banyu Suci di lingkungan RW 04 dan terdapat lokasi pembangunan di 5 RT. Sedangkan pembangunan jalan lingkungan juga dilakukan di Kampung Suka Asih RW 02 di lingkungan di 4 RT.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles