27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Bina Marga Bakal Sidak Bangunan Langgar GSJ

Cileungsi | Jurnal Bogor

Maraknya bangunan baru yang difungsikan untuk kawasan komersil dan pabrik yang disinyalir melanggar Garis Sempadan Jalan (GSJ) menjadi sorotan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.

Dalam waktu dekat, pihak Bina Marga dan Penataan Ruang akan melakukan sidak terkait izin bangunan-bangunan tersebut untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran bangunan.

“Kalau dilihat secara kasat mata memang banyak bangunan baru yang melebihi dari bangunan sebelumnya. Khususnya bangunan yang berada di sekitar Jalan Raya Narogong Desa Dayeuh Kecamatan Cileungsi,” kata Pengawas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Hendra kepada Jurnal Bogor, Rabu (2/8/23).

Menurut dia, pemanfaatan bangunan harus memprioritaskan kepentingan publik lainnya, seperti ruang bagi sepandan jalan. Terlebih bangunan tersebut berada di akses jalan utama seperti di Jalan Raya Narogong yang padat kendaraan.

“Ada aturan mengenai bangunan jadi tidak semua lahan yang dimiliki boleh dibangun jika hal itu berkaitan dengan kepentingan publik. Apalagi bangunan tersebut berada tepat di sisi jalan utama,” ujarnya.

Hendra mengatakan, proses pengawasan terhadap bangunan komersil dan pabrik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan publik memang harus dilakukan secara bersama-sama, antara Pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga provinsi.

“Karena proses perizinan untuk bangunan tentunya dari unsur pemerintahan terbawah. Jadi harus ada proses pengawasan bersama. Agar keberadaan bangunan tersebut nantinya tidak merugikan pihak lain,” tukasnya.

Hendra mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terkait keberadaan bangunan komersial yang nantinya akan di kroscek aspek legalitasnya. Apakah bangunan tersebut dibangun sesuai dengan perencanaan yang disetujui atau tidak.

“Nanti akan kami kroscek semua. Jika ada pelanggaran tentunya harus ada tindakan tegas karena ini menyangkut kepentingan publik,” tandasnya.

** Taufik/ Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles