32.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Peringati Tahun Baru Islam, Pemdes Cimande Hilir Santuni Ratusan Anak Yatim

Caringin|Jurnal Bogor

Warga Desa Cimande Hilir, Caringin, Kabupaten Bogor memadati kantor desa mulai dari pukul 07.00 WIB hingga malam hari. Kedatangan warga itu, untuk ikut memeriahkan tahun baru Islam yang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Cimande Hilir setiap datangnya bulan Muharam.

Kepala Desa (Kades) Cimande Hilir, Yudistira mengaku, kegiatan peringatan tahun baru Islam dengan mengadakan berbagai acara, mulai dari pawai dongdang, santunan anak yatim, pengajian bersama semua warga yang dilaksanakan pada siang hari.

“Acara juga dilanjutkan pada malam sehabis sholat Isya dengan mengadakan pawai obor serta melaksanakan sholawat dan dzikir bersama,” katanya kepada wartawan saat kegiatan berlangsung, Kamis (27/7).

Dijelaskan SP sapaan akrab Kades Cimande Hilir, untuk pawai obor diarak dan dibawa setiap warga yang ada di enam rukun wilayah (RW). Dengan masing-masing RW membawa satu dongdang ke lokasi kegiatan pengajian di depan kantor desa.

“Sebagai simbolis kami juga menyuapi anak yatim dengan nasi tumpeng yang dibawa warga didalam dongdang. Alhamdulillah tahun ini sebanyak 200 anak yatim piatu yang kami santuni,” ungkapnya.

Ada perbedaan antara kegiatan bulan Muharam tahun lalu dengan sekarang, dimana kata SP, perayaan tahun baru Islam kali ini, diakhiri dengan berdzikir dan bersholawat yang dihadiri sekitar 3000 jemaah dari 88 majlis dzikir se Jawa Barat (Jabar).

“Insya Allah para jemaah yang berasal dari luar Kabupaten Bogor pun akan hadir di acara puncak peringatan tahun baru Islam ini. Semua jemaah akan ikut bersholawat bersama mama tanah baru,” paparnya.

SP berharap, melalui kegiatan ini banyak manfaat yang didapat oleh warga Desa Cimande Hilir, baik itu selalu memperhatikan anak yatim maupun semakin bertambahnya keimanan dengan selalu bersholawat.

“Semoga Allah SWT memberikan keberkahan serta meridhoi acara yang kami laksanakan ini. Tentunya kegiatan seperti sekarang akan terus dilaksanakan setiap tahun nya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dusun (Kadus) Kampung Tenggek Desa Cimande Hilir, Muhtadin mengapresiasi kegiatan peringatan tahun baru Islam yang dilaksanakan pemdes. Pasalnya, baru di kepemimpinan Kades SP setiap bulan Muharam ini selalu mengadakan acara islami.

“Perayaan tahun baru Islam kali ini sungguh sangat meriah dibanding kan sebelumnya. Bisa dilihat begitu antusiasnya warga dengan hadir di acara ini,” akunya.

Muhtadin minta agar kegiatan tersebut harus tetap dilakukan Pemdes Cimande Hilir di setiap datangnya tahun baru Islam. Sehingga, warga dapat ikut turun memeriahkan kegiatan islami ini.

“Bayangkan saja, pagi acara dimulai dengan pawai dongdang, pengajian ibu-ibu dan dilanjutkan pemberian santunan kepada anak yatim. Malamnya dilanjutkan dengan pawai obor dan diakhiri dengan dzikir serta bersholawat bersama semua warga maupun para jemaah majlis dzikir se-Jabar,” imbuhnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles