29.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Puluhan MCK dan Rumah Warga Gunung Putri Siap Dibangun YHKI

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor mendapatkan durian runtuh. Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia (YHKI) akan melakukan pembangunan 38 MCK (mandi cuci kakus) dan renovasi rumah warga khususnya di RW 01.

Projek Koordinator YHKI, Andre memaparkan timnya datang ke Desa Gunung Putri atas arahan Pemcam Gunung Putri yang saat itu disambanginya. Berawal dari inovasi yang sudah dicapai oleh Pemdes dan program dari UMKM yang dinilai luar biasa sehingga dilirik oleh donatur tetap YHKI untuk membantu menuntaskan persoalan yang ada di Desa Gunung Putri.

“ Jadi untuk program dari YHKI ini sebetulnya itu by reques dari donatur kami, sama halnya saat kami melakukan pembangunan ribuan rumah di Kecamatan  Babakan Madang. YHKI sendiri, ada bantuan berupa konstruksi dan non konstruksi yang akan diberikan kepada masyarakat, dan untuk Desa Gunung Putri sendiri saat ini akan mendapatkan bantuan konstruksi dan non konstruksi,” ungkap Andre kepada Jurnal Bogor, Rabu (26/7/23).

Andre menyebut, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terlebih dahulu dan akan dilakukan pembangunannya pada bulan depan. YHKI tertarik dengan inovasi yang sudah dilakukan oleh Pemdes Gunung Putri, begitu pun UMKM-nya yang dibilang sudah banyak dan sudah berkembang turut menjadi perhatian YHKI. Namun, dari semua keberhasilan yang diraih itu, ternyata masih ada wilayah di Desa Gunung Putri yang bisa dibilang belum menjalankan kebiasan hidup bersih.

“Ternyata di wilayah perkotaan dan desa yang sudah mashur dengan kunjungan dari luar daerah ini masih ada kekurangan di lingkungan masyarakatnya, yaitu masih ada titik wilayah yang belum sadar akan kebersihan. Kebanyakan dari mereka itu masih ada yang BAB langsung ke kali dan bahkan tidak memiliki jamban. Maka dari itu, kami dari YHKI akan membangunkan MCK untuk warga agar tidak lagi membuang ke kali, sehingga nantinya akan menyempurnakan Desa Gunung Putri,” tandasnya.

Sejauh ini untuk di Kabupaten Bogor, desa yang sudah menjadi binaan YHKI itu ada 4, dan untuk desa binaan kedepannya akan tetap dibina sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan desa, dan juga disetujui oleh para donator.

“Nanti kedepannya program di Desa Gunung Putri ini singkron dengan program yayasan kami, besar kemungkinan akan kami bantu lagi apa yang menjadi kebutuhannya,” cetusnya.

Sementara Ketua RW 01, Sulaeman mengucapkan terimaksih atas bantuan yang diberikan oleh YHKI, dimana memang untuk wilayahnya sendiri, bisa dibilang ada puluhan rumah yang tidak memiliki MCK. Karena posisinya memang dekat dengan kali dan kebanyakan mereka melakukan aktivitas itu di kali untuk mandi, cuci dan kakus.

“ Dengan adanya bantuan ini saya harapkan kedepannya warga bisa lebih menjaga kesehatan dan mengerti jika kebrsihan itu sangat penting sekali. Ini sesuatu yang luar biasa menurut kami, apalagi bantuan yang diberikan bukan hanya pembuatan MCK saja, melainkan akan ada renovasi rumah juga untuk warga, ini luar biasa pokoknya. Sekali lagi saya ucapkan terikasih kepada YHKI dan terkhusus kepada Kades Damanhuri, kades yang luar biasa,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles