34.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Cikahuripan Dukung Pembentukan SMAN 2 Klapanunggal

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Desakan untuk dibangunnya SMAN 2 Klapanunggal terus bergulir. Selain tokoh masyarakat, sejumlah pemerintah desa juga menyatakan dukungannya jika di Klapanunggal sudah harus dibangun SMAN 2. Pasalnya, kebutuhan sarana pendidikan tingkat SMA tersebut sudah sangat mendesak mengingat saat ini di Klapanunggal baru ada satu SMA negeri. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan perkembangan Kecamatan Klapanunggal yang semakin cepat dan padat.

Terbatasnya sarana pendidikan tingkat SMA Negeri ini kerap menjadi persoalan setiap tahun pada saat penerimaan siswa baru. Pasalnya, kuota yang tersedia di SMAN 1 Klapanunggal tidak mampu menampung keinginan masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di SMA negeri.

“Sekarang kan memang hanya ada SMA Negeri 1 Klapanunggal saja harus menampung calon peserta didik dari seluruh Kecamatan Klapanunggal. Ya pasti tidak mungkin tertampung. Apalagi kapasitas di SMAN 1 Klapanunggal juga sedikit. Pasti setiap tahun ada saja masalah karena tidak diterima di sekolah negeri,” kata Sekretaris Desa Cikahuripan, Encim kepada Jurnal Bogor, Selasa (25/7/23).

Menurut dia, memang sudah saatnya Klapanunggal memiliki dua sekolah negeri tingkat SMA, seperti di Jonggol dan Cileungsi. Sehingga daya tampung pada saat PPDB setiap tahun dapat lebih maksimal dan semakin banyak masyarakat klapanunggal yang menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri.

“Dengan peduduk yang padat memang sudah pantas kalau Klapanunggal punya dua sekolah negeri. Agar setiap permasalahan pada saat PPDB dapat dikurangi dan makin banyak siswa lulusan SMP yang melanjutkan pendidikannya di SMA negeri,” ujarnya.

Terkait ketersediaan lahan, Encim mengatakan, di Klapanunggal banyak lahan fasos dan fasum dari perumahan. Sehingga pemerintah tinggal menentukan dimana titik lokasi yang akan dibangun SMA Negeri 2.

“Tinggal berkordinasi dimana titiknya dan menentukan lahan mana yang nantinya akan digunakan. Tentunya yang berada ditengah-tengah dan aksesnya mudah dijangkau oleh berbagai desa di Kecamatan Klapanunggal,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengajuan pendirian dan penyediaan lahan untuk SMAN 2 di Klapanunggal tentunya bukan hal yang sulit apabila semua lini bekerjasama dengan berkoordinasi dengan baik. Karena yang utama untuk pembangunan sekolah adalah ketersediaan lahan.

“Potensi lahan tentunya sangat banyak karena banyaknya fasos dan fasum dari perumahan yang dapat dimanfaatkan. Tinggal ditentukan dimana lokasinya dan tinggal diproses ke Pemda untuk peruntukannya,” tandas Encim.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles