28.8 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Manfaatkan Samisade, Puraseda Bangun Jalan dan TPT

Samisade Diharapkan BERDAMPAK PADA SEKTOR PARIWISATA dan Hidupkan Ekonomi Masyarakat

Leuwiliang l Jurnal Bogor

Sumber anggaran bantuan keuangan infrastruktur melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Desa Puraseda, Leuwiliang, Kabupaten Bogor direalisasikan pada dua titik pembangunan.

Kepala Desa Puraseda Asep Ruhiyat menjelaskan, dua kegiatan Samisade tahun 2023 itu untuk peningkatan jalan desa dengan betonisasi dan hotmix.

“Lalu dilaksanakan pembangunan berupa Tembok Penahan Tanah (TPT),” ujar Kepala Desa Puraseda Asep Ruhiyat kepada wartawan, Senin (24/7)

Dari beberapa kegiatan pembangunan yang tengah dalam pengerjaan diharapkan dapat meningkatkan sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan  sektor pariwisata.

Peningkatan jalan hotmix dilakukan di sepanjangn jalan Desa Ciateul – Kampung Sabrang. Sedangkan pembangunan betonisasi terlebih dilakukan untuk pelebaran jalan desa.

Kades menerangkan pengerjaan hotmix jalan sepanjang 1300 meter dengan lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,3 centimeter.

Ditambah betonisasi dengan lebar 1 meter  dikerjakan disisi badan jalan untuk pelebaran jalan dengan ketebalan 10 centimeter.

“Anggaran untuk pembangunan hotmix dan betonisasi itu sebesar Rp 650.000.000,” ungkap Asep Ruhyat.

Selain itu kata Asep Ruhyat, anggaran Samisade tahun 2023 juga untuk pembangunan TPT yang berlokasi di Kampung Sabrang RT 02 RW 09 dengan volume panjang 120 meter dan tinggi 2,5 meter dengan anggaran sebesar Rp 350 juta.

“Kami fokus karena Desa Puraseda ini banyak potensi alam termasuk wisata juga, untuk itu pembangunan peningkatan jalan desa ini perlu dilakukan karena  jalan ini selain untuk memperlancar akses ekonomi, pendidikan, pertanian juga untuk meningkatkan sektor pariwisata,” katanya.

Jadi  kata dia, saat ini jalan desa yang berada di Kampung Ciateul menuju Kampung Sabrang dilakukan pelebaran lantaran saat ini sudah banyak warga yang menghibahkan sebagian tanahnya untuk pelebaran jalan tersebut.

“Untuk pelebaran jalan kami prioritaskan, jadi mereka (warga) menghibahkan tanah itu dan kami langsung melaksanakan pengerasan dan betonisasi,” katanya.

Selain itu Asep Ruhiyat menambahkan, pascadilantik menjadi Kepala Desa Puraseda periode 2023-2029 secara otomatis pihaknya juga harus menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Rencana pembangunan menengah yang akan dilaksanakan tahap kedepan ini salah satu realisasi yang kita harapkan oleh masyarakat di bidang infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi dan segi potensi wisata,” katanya.

Sementara Ketua BPD Puradesa, Hermanto mengatakan pembangunan peningkatan infrastruktur baik itu jalan maupun TPT diharapkan dapat menunjang aktivitas masyarakat sehingga dapat mempermudah jangkauan warga dalam kegiatan sehari-hari.

“Alhamdulillah di tahun 2023  ini meski kepala desanya baru menjabat beberapa bulan semua anggaran yang masuk dari Kabupaten Bogor dapat direalisasi untuk masyarakat Desa Puraseda terutama dalam bidang infrastruktur,” katanya.

Pembangunan Infrastruktur bersumber dari anggaran Samisade ini mendapat sambutan baik dari warga Desa Puraseda salah satunya disampaikan Nurhasan (42). Dia berharap, pembangunan di desanya terus dilakukan demi kemajuan dan  kesejahteraan warga.

“Alhamdulillah karena ini ada kepala desa yang baru berjalan dengan bagus intinya sedang dikerjakan alhamdulillah mudah-mudahan saja selanjutnya bisa sebagus ini,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles