27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Ritual Obati Warga yang Sakit, 3 Warga Rumpin Tenggelam di Danau Bekas Galian

Cigudeg | Jurnal Bogor

Danau bekas galian tambang di Kampung Nunggaherang, Desa Tegalega, Cigudeg, Kabupaten Bogor memakan korban jiwa. Sekitar 3 orang ditemukan sudah keadaan meninggal dunia yang mana dalam pencarian tersebut melibatkan tim gabungan Polri, TNI, BPBD dan Tim SAR dan lainnya.

Tim pencarian melakukan pencarian sejak pagi hari di lokasi tempat kejadian. Para petugas selain menggunakan perahu karet juga menerjunkan tim penyelam.

“Ketiga korban yang ditemukan atas nama berinisial DB dan C, Ketiganya warga Desa Cipinang Rumpin. Korban ditemukan sekitar pukul 14.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia,” kata Kapolsek  Cigudeg  Kompol Wagiman, Jumat (14/7/2023).

Ia menjelaskan, peristiwa ketiga orang tenggelam tersebut terjadi pada Kamis, 13 Juli 2023 sekitar pukul 22.00 WIB. Kronologi kejadian, lanjut Kompol Wagiman, berawal korban David diantar keluarganya datang ke rumah AN, untuk mendapat pengobatan karena mengalami sakit.

Kemudian, pada sekitar pukul 22.00 WIB, dilakukan pengobatan dengan cara dimandikan di danau bekas galian yang berada di Kampung Nunggaherang Desa Tegalega. Saat proses dimandikan itu, David dipegangi oleh anggota keluarganya sebanyak 6 orang.

“Namun saat dimandikan itu, pasien atas nama David berontak sehingga dia dan dua orang yang memegangi yaitu Badrusalam dan Cecep ikut tercebur ke danau dan akhirnya tenggelam,” papar Kompol Wagiman.

Kapolsek Cigudeg menambahkan, pascaadanya laporan warga terkait musibah orang tenggelam tersebut, jajarannya langsung berkoordinasi dengan BPBD, tim SAR dan lainnya guna melakukan pencarian terhadap ketiga orang korban.

“Pencarian di malam hari tidak berhasil karena kondisi tidak memungkinkan dan proses pencarian dilanjutkan pada hari Jumat 14 Juli 2023 sejak pagi hari. Dan pada sekitar pukul 14.30 WIB ketiga orang korban ditemukan dalam keadaan telah meninggal dunia Kemudian tiga korban dibawa ke Puskesmas Rumpin untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Dari kasus tersebut pun, pihak kepolisian memeriksa seorang pria yang diduga dukun dalam ritual mandi di danau tersebut. 

“Hasilnya seperti apa, kita tunggu hasil penyelidikan,” ucap Wagiman.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya belum mengetahui alasan ritual pengobatan alternatif di danau tersebut.

“Pemeriksaan kami belum sampai ke situ,” kata dia.

Menurut dia, dukun tersebut berinisial A warga Tegallega, Cigudeg dan saat ini sudah ada di Polsek Cigudeg.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles