33.7 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Dikunjungi Camat Kelumpang Selatan, Kades Gunung Putri Berkaca Belum Sempurna

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Banyaknya kunjungan dari luar Pulau Jawa ke Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor membuat Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri berkaca. Sharing dari desa luar pulau, diakui desanya masih jauh dari kata sempurna.

“Kunjungan ini justeru membuat saya berkaca, bahwa desa ini sangat tidak ada apa-apanya dibandingkan desa mereka yang datang kesini untuk melaksanakan studi tiru,” ungkap A Heri sapaannya kepada Jurnal Bogor, Selasa (11/7).

A Heri menyebut, dari segi fasilitas desanya masih sangat butuh perbaikan dan pengembangan, begitu pun inovasi-inovasi yang masih sangat perlu dilakukan pembenahan. Dari situ dirinya belajar banyak, akan apa-apa yang harus dibenahi dari tubuh Desa Gunung Putri. Walaupun sering kali mendapatkan kunjungan, bukan berarti menurut dia, desanya sudah sempurna.

“Justeru dengan banyaknya studi tiru dari luar ini membuat saya banyak belajar, sehingga bisa terus meningkatkan apa yang belum ada di desa ini. Seperti kunjungan kali ini, dari Kepala Desa se- Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kota Baru, Provinsi Kalimantan Selatan. Yang berkunjung untuk studi tiru pengembangan BUMDes,” tandasnya

Dari 7 provinsi yang pernah berkunjung ke Desa Gunung Putri, sambung A Heri, dirinya mengaku masih terus bersinergi dan berkomunikasi untuk saling tukar pendapat dan inovasi. Dirinya berharap, setiap tamu yang datang untuk kedepannya ada sinergitas yang terjalin dalam bidang apapun.

“Saya ucapkan terimakasih atas kunjungan dan kepercayaan para tamu dari luar Pulau Jawa. Kami akan terus berupaya berinovasi, karena sejatinya semua tamu yang berkunjung sudah mempunyai inovasi yang sangat luar biasa di wilayahnya,” cetusnya.

Sementara, Camat Kelumpang Selatan Ahmad Mawardi mengaku berkunjung ke Desa Gunung Putri setelah melihat video-video di chanel youtube Desa Gunung Putri. Dengan adanya beberapa kesamaan yang mungkin kedepannya bisa diaplikasikan di masing-masing desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Selatan.

“Hari ini saya datang dengan rombongan sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 8 kepala desa se-Kecamatan Kelumpang Selatan, staf dan perwakilan DPMD. Dengan tujuan ingin melihat tata cara perkembangan BUMDes dan UMKM yang ada di desa ini,” papar Ahmad Mawardi.

Selain soal BUMDes yang ingin dipelajari, sambung Ahmad Mawardi, pihaknya pun ingin melihat keberhasilan desa digital yang sudah berjalan di Desa Gunung Putri. Mengingat, di wilayah kerjanya, masih ada 2 desa yang sama sekali belum tersentuh oleh sinyal, bahkan untuk mengerjakan laporan pun dilakukan secara offline dan nantinya dibuat di kantor kecamatan yang sudah bisa menyambung sinyal.

“Di wilayah kami ada 9 desa, dari 9 desa tersebut baru 1 desa yang berhasil disebut desa mandiri. Target saya dalam tahun ini, ada 3 desa yang bisa naik menjadi desa mandiri, maka dari itu dengan studi tiru kesini saya berharap bisa meningkatkan status desa yang ada menjadi desa mandiri,” bebernya.

“Dan untuk digitalisasinya, mungkin akan saya dorong untuk memakai dana desa yang ada dari Pemerintah Pusat. Karena jika hanya mengandalkan dari pihak swasta, mereka harus melihat kuota konsumen baru dipasangkan tower sinyalnya,” tambahnya.

Dirinya menyebut hasil dari kunjungan ke Desa Gunung Putri ini akan dilaporkan kepada Bupati. Karena pihaknya bisa datang ke desa ini karena izin dari Bupati. “Hasil dari kunjungan ini akan kami paparkan kepada Bupati, dan kami berharap bisa kembali lagi untuk melihat detail inovasi yang sudah sudah ada terutama dalam bidang digitalisasi dan pengembangan BUMDesnya,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles