29.6 C
Bogor
Friday, May 10, 2024

Buy now

spot_img

Sungai Cileungsi Berubah Warna, Warga Sebut Fenomena yang Tidak Pernah Diselesaikan Pemerintah

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Lagi-lagi ada perusahaan yang membuang limbah hingga air sungai Cileungsi di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, berubah warna biru kehijauan. Peristiwa itu diketahui sudah terjadi sejak Senin (3/7/23) siang.

Menurut warga sekitar, berubahnya warna air sungai Cileungsi tersebut, diduga berasal dari limbah perusahaan yang berada di bantaran sungai tersebut.

“Ya sungai ini berubah warna sejak siang tadi, saya tidak tahu terjadinya kapan, tapi pas siang saya lihat sudah berwarna biru kehijauan seperti saat ini,” ucap Yudi salah satu warga yang tidak jauh dari aliran sungai Cileungsi kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya, fenomena berubahnya warna air di sungai Cileungsi ini sudah sering terjadi. Namun penyebabnya hingga kini tidak diketahui.

“Ini sepertinya ada perusahaan yang membuang limbah, hingga berubah warna seperti sekarang. Tapi tidak tahu saya pabrik mana yang membuang,” tuturnya.

Biasanya, lanjut Yudi, jika volume limbah yang dibuang tidak terlalu banyak, tidak akan menyebabkan air berubah warna.

“Ini kayaknya perusahaan membuang limbahnya terlalu banyak, jadi warna airnya bisa berubah. Kalau buang limbahnya sedikit, gak bakal berubah warna air seperti ini,” imbuhnya.

“Jadi Sungai Cileungsi yang sering berubah warna akibat ulah perusahaan, kami anggap fenomena yang tidak pernah bisa diselesaikan pemerintah,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles