28.8 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

ZM Minta Proyek Pedestrian Cifor Dieksekusi

jurnalinspirasi.co.id – Pada 2022 lalu Pemkot Bogor menertibkan 265 pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Cifor, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, menyusul rencana pembangunan pedestrian di sepanjang jalan yang juga menuju ke kawasan Cifor tersebut.

Kondisi saat ini, ratusan PKL tersebut kembali melakukan aktifitas jualannya namun dengan posisi yang agak mundur dari badan jalan utama.

Di sepanjang jalan tersebut, sudah dibangun juga pembatas oleh Dinas PUPR Kota Bogor yang diketahui sebagai awalan dari pembangunan pendestrian nantinya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Bogor Zaenul Mutaqin (ZM) berharap, Pemkot Bogor melalui PUPR bisa segera mengeksekusi rencana pembangunan pedestrian itu, untuk mencegah kesemrawutan kembali di wilayah tersebut.

“Saat ini PKL sudah tertib dengan tempat yang sudah disiapkan. Sehingga, rencana pembangunan pedestrian itu harus tetap dilanjutkan, agar makin tertata rapi wilayah tersebut ke depannya,” ujar Zaenul kepada wartawan, Senin (26/6).

Ditambahkan Zaenul, sudah sebaiknya pembangunan pedestrian di daerah Bubulak-Cifor itu masuk prioritas agar mengikis penilaian berbagai kalangan, terhadap gencarnya pembangunan yang dilakukan Pemkot Bogor hanya berada di pusat kota saja.

“Daerah di pinggir seperti Bubulak ini wajib juga diperhatikan, karena kawasan wisata Situ Gede yang mulai tumbuh dan berkembang. Kemudian, ada lembaga yang bernama Cifor juga di dalamnya. Saya kira pantas juga pembangunan tersebut masuk prioritas. Jika sesuai rencana PUPR akan dibangun tahun ini, tentu saya memberi suport dan semoga segera terlaksana,” harap dia.

Komisi III, sambung Zaenul, tentu akan melakukan pengawasan jika pelaksanaan pembangunan sudah dilakukan. Diimbau, siapapun yang mengerjakan proyek tersebut agar tidak melakukannya secara asal-asalan serta harus selesai tepat waktu.

Diketahui, penataan kawasan Bubulak dan Cifor sudah digaungkan sejak lama oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, sehingga akhirnya Pemkot Bogor menganggarkan pembangunan pedestrian di tahun 2023 ini.

Dedie menjelaskan, Pemkot Bogor ingin melakukan penataan jalan menuju Cifor yang dimulai dari Terminal Bubulak. “Dari ujung terminal (Bubulak) sampai Cifor kami akan tata ulang, termasuk pembangunan jalur pedestrian dan tamannya,” kata Dedie beberapa waktu lalu.

Atas rencana tersebut, Pemkot Bogor pun pada September 2022, sudah menertibkan 265 PKL di Jalan Cifor, menyusul rencana pembangunan pedestrian.

Saat penertiban kala itu, Kepala Bidang Trantibum Linmas Satpol PP Bogor, Andry S Wahyudianto menegaskan, jika penertiban dilakukan setelah ada peringatan sebelumnya kepada para pedagang.

“Sudah kami sampaikan pemberitahuan, sosialisasi, peringatan, dan juga banyak sekali rapat rapat dengan perwakilan pedagang,” kata dia, di lokasi penertiban.

Sementara sebulan kemudian atau tepatnya masih di tahun 2022, akhirnya para PKL kembali berjualan namun jaraknya dimundurkan, sambil menunggu pembangunan pedestrian pada yang akan dilakukan pada 2023.* Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles