25.9 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Kembalikan Amanah Kepada Orangtua, MIN 1 Bogor Lepas Puluhan Siswa-siswinya

Leuwisadeng | Jurnal Bogor

Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bogor melepas puluhan siswa-siswi tahun ajaran 2022-2023, Senin (19/06/2023). Acara yang berlangsung di halaman sekolah yang terletak di Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor itu berjalan dengan haru dan khidmat.

Acara tersebut merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap setahun sekali, selain sebagai ajang silaturahmi antarsiswa dengan warga sekolah, juga sebagai prosesi melepas pelajar yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama enam tahun di jenjang sekolah dasar.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Kasubag TU Kemenag Kabupaten Bogor Doktor K.H.Romdon, S.Ag.M.H., Kepala KUA Kecamatan Leuwisadeng Syaeful Anwar,S.Pd.I., Kepala Desa Sadeng Yanwar Lesmana dan Komite MIN 1 Bogor Ace Gozali.

Kepala Sekolah MIN 1 Bogor Samsuri menjelaskan, pelepasan tahun ini adalah berbarengan dengan kehadiran dirinya menjabat di MIN 1 Bogor dengan perjalanannya mengalami masa begitu sulit pada situasi pandemic karena selama dua tahun total belajar online.

“Kehadiran saya di MIN 1 Bogor ini pada tahun 2017 sehingga saat ini saya menyerahkan kembali kepada orangtuanya, tanggung jawab dan kewajiban untuk mendidik di lembaga ini sebanyak 62 orang pelajar MIN 1 Bogor tahun pelajaran 2022-2023 yang masuk pada 2017-2018,” jelasnya.

Jadi kata dia, pihaknya sudah menumpahkan kemampuan menyampaikan amanah keilmuan kepada anak-anak didiknya. Dia berharap orang tua murid yang menyekolahkan anaknya mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya.

“Hari ini adalah berawal untuk melangkah selanjutnya. Saya mengembalikan tanggung jawab saya kepada kedua orang tua,” bebernya.

Dia menerangkan, lulusan tahun ini berjumlah 62 siswa dan sudah diterima 18 orang di MTsN 2 Bogor Sebanyak 48 persen ke sekolah umum dan 52 persen memasuki lembaga pendidikan yang menyatu dengan pondok pesantren.

“Jadi animo anak ini cukup tinggi ke pondok pesantren. Mudahan-mudahan harapan dan tujuan orang tua bisa melanjutkan anak anaknya ke Lembaga lebih tinggi mendapatkan rizki yang mudah dan cita citanya dikabul, niat yang baik dari kedua orangtuanya mendapatkan keridhoan dari Allah,” ungkapnya.

Sementara, dalam sambutannya Kasubag TU Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor Dr.K.H.Romdon, mengapresiasi tenaga pendidik yang sudah mendidik anak-anak murid sampai mereka lepas di sekolah tersebut.

“Saya mengucapkan apresiasi dan berterima kasih kepada guru-guru yang telah menumpahkan tenaga dan pikirannya untuk didik anak-anak siswa-siswi MIN 1 Bogor dengan sabar, ikhlas dan tabah. Karena ternyata mendidik anak-anak itu tidak mudah,” katanya.

“Guru-guru MIN ini punya kesabaran dan ketabahan yang lebih, maka pada kesempatan ini saya mengapresiasi penghargaan semoga para guru-guru ini oleh Allah diberikan amal yang baik,” tambahnya.

Dia berharap, pelajar yang sudah lepas di MIN dapat terus meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi.

“Jadi jangan terhenti di MIN ini saja karena ini baru pendidikan dasar, dan enam tahun di MIN ini anak-anak pastinya sudah banyak merasakan suka dan duka. saya berterima kasih terhadap anak anak yang sudah menyelesaikan pendidikan di MIN ini. Semoga selama enam tahun mengemban pendidikan di sekolah MIN ini  ilmu dapat bermanfaat,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles