32.2 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Achmad Fathoni Buka Pelatihan Kerja yang Digelontorkan Melalui Anggaran Pokirnya

Cileungsi | Jurnal Bogor

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor beserta Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor Achmad Fathoni melakukan pembukaan program kerja dan produktivitas tenaga kerja yang diikuti oleh 100 orang peserta yang tersebar di 7 kecamatan.

Pembukaan pelatihan kerja tersebut terdiri dari beberapa kluster kompetensi yakni skema computer dasar, practical office advance dan pengelasan, pembukaan sendiri dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Cileungsi, Senin (19/6/23).

Hadir dalam Pembukaan Pelatihan Kerja tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Zainal Azhari, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PKS Achmad Fathoni, Camat Cileungsi Adhi Nugraha, para pelatih dan 100 peserta pelatihan.

“ Hari ini saya menghadiri langsung pembukaan pelatihan kerja yang saya usulkan dari Pokir saya di tahun 2023. Pokir tersebut saya kerjasamakan dengan Disnaker untuk memberikan pelatihan kepada para pemuda dan pemudi kita khusunya di wilayah Bogor Timur,” ungkap Fathoni sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor.

Anggota Komisi 3 tersebut mengatakan, jika pada tahun sebelumnya dirinya melakukan gerilya kepada masyarakat untuk memastikan apa yang diinginkan masyarakat, dan apa yang dibutuhkan. Namun ternyata banyak dari sebagian besar masyarakat itu terkendala skill saat melamar pekerjaan, maka dari itu dirinya berinisiatif untuk mengucurkan anggaran Pokirnya untuk pelatihan kerja.

“Pokir saya sebesar 1 miliar, saya kerjasamakan dengan Disnaker untuk membina adik-adik kita yang baru lulus dan tidak memiliki pekerjaan. Karena pelatihan ini wajib diikuti selama 30 hari kerja, sehingga memang diutamakan untuk yang belum bekerja,” jelasnya.

Aleg PKS tersebut berpesan agar kedepannya kepada semua peserta yang hadir untuk serius mengikuti pelatihan. Sehingga nantinya ilmu pengetahuan yang diserap dari pelatihan ini bisa menjadi modal untuk melamar pekerjaan, dan bagi yang belum berkesempatan kerja setelah mengikuti pelatihan ini, akan kami ajukan di program berikutnya untuk mendapatkan modal untuk membuka usaha.

“Untuk saat ini baru 9 kegiatan yang kita kerjasamakan dengan Disnaker. Dan kesembilan kegiatan itu berdasarkan permintaan OKP dan Karang Taruna wilayah setempat, karena mereka lah yang lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pemuda diwilayahnya. Nantinya, untuk menghemat anggaran, mereka akan melaksanakan pelatihan di kecamatan tempat mereka tinggal,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Zainal Azhari mengatakan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 30 hari kerja, dan pihak Disnaker turut berterimakasih kepada Achmad Fathoni yang sudah menggelontorkan anggaran pokirnya untuk bekerjasam dengan Disnaker.

“Saya berharap dari 100 orang yang mengikuti pelatihan ini semuanya bisa berhasil, baik bekerja maupun membuka usaha sendiri. Dan nanti pun kami akan mengupayakan untuk menyalurkan mereka kepada perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Pemkab Bogor,” pungkasnya.

** Nay Nuráin

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles