28.8 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Dewan: Program Samisade Jangan Dibangun Asal-Asalan

Dramaga l Jurnal Bogor

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Muhammad Romli meminta desa- desa  membuat perencanaan yang matang ketika mengusulkan program Samisade. Jangan sampai menimbulkan masalah dan berujung terjerat kasus hukum.

“Desa harus membuat perencanaan yang matang dan jangan sampai asal-asalan. Ketika program Samisade digulirkan ke desa bisa tepat sasaran dan tidak terjadi persoalan di kemudian hari,” ujar Romli saat menghadir pelepasan siswa di MIS Al Bayyinah Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kamis (15/6/2023).

Menurut Romli, Program Samisade bagian dari ikhtiar Bupati nonaktif Ade Yasin untuk percepatan  pembangunan di Kabupaten Bogor.  Adapun kemudian ada persoalan di desa, tinggal diperkuat dari sisi pengawasannya. Tentunya, dari sisi pengawasan jangan diberikan kepada mereka yang bukan bidangnya. Ketika berbicara fisik, Pemerintah harus menggandeng PUPR yang memang tupoksinya.

“Jika sisi pengawasan diberikan kepada ke ahli,  bisa membantu desa. Selain itu, kualitas pembangunannya juga bakal bagus. Intinya,  sisi pengawasan harus diperketat dan perencanaannya desa harus matang,” tegasnya.

Romli menambahkan, banyak persoalan di lapangkan dari program Samisade karena dipihakketigakan. Menurutnya, dalam aturan diperbolehkan atau tidak dan yang terpenting, kata dia, Program Samisade harus melibatkan masyarakat karena dengan melibatkan masyarakat bisa mengurangi jumlah pengangguran.

“Jika di Program Samisade, desa tidak melibatkan masyarakat berarti desa tidak peduli terhadap masyarakat. Pertanyaan, desa peduli nggak terhadap warganya,” ungkapnya.

Ia menambahkan Partai PPP memiliki keyakinan bahwa program Ade Yasin lewat Program Samisade sangat bagus dan karya nyata. Namun ketika ada kekurangan tinggal diperbaiki saja. Intinya, kata dia, program yang bagus harus dilanjutkan sehingga siapapun Bupatinya program Samisade harus ada.

“Program Samisade cukup satu miliar saja dulu. Kita  berharap adanya perubahan peruntukan program Samisade. Ketika ada desa infrastruktur sudah bagus bisa dialihkan ke yang lain, akan tetapi jika ada desa yang masih jalan desa perlu diperbaiki difokuskan dulu ke jalan desa,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles