28.6 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Derita Stroke Puluhan Tahun, Nenek di Cibadak Seusia Kemerdekaan RI Ini Butuh Kursi Roda

Ciampea | Jurnal Bogor

Mak Uun kelahiran 1945 warga di Kampung Cibadak Karang Mas RT 01 RW 01 Desa Cibadak, Ciampea, Kabupaten Bogor membutuhkan kursi roda.

Pasalnya, Mak Uum sudah sejak lama kondisinya lumpuh, akibat penyakit stroke dan jantung yang dideritanya.

Segala aktivitas Mak Uun kini harus dibantu oleh orang lain meski hanya untuk menjemur badan di teras rumahnya.

Menurut Ketua RT setempat Wawan, Mak Uun sudah di tinggal suaminya terlebih dahulu sehingga saat ini tinggal di rumah sendiri.

“Sakit yang dideritanya stroke sama jantung sudah puluhan tahun, jadi gak bisa jalan sama kali. Dengan keterbatasan ekonomi Mak Uun tidak mampu membeli kursi roda,” katanya, Minggu (11/6/2023).

Dia menjelaskan, dengan tidak adanya kursi roda Mak Uun terpaksa jika ingin menjemur badannya pun harus dibopong.

“Dia dari kemarin itu pengen ngejemur badannya di teras rumah terpaksa harus digotong. Kalau ada kursi roda kan kita tinggal naikin jemur gitu di luar,” katanya.

Sementara, di wilayah yang sama di RT 02 RW 03, sekitar ada empat warga yang membutuhkan kursi roda karena stroke dan tidak bisa jalan, diantaranya, Ibu Atih (56) dan Nenek Nurmanah (77).

Bu Atih (56) Hanya bisa berbaring di tempat tidur

Kedua perempuan yang sudah lanjut usia, saat ini sangat membutuhkan bantuan kursi roda.

“Kalau di wilayah kita sekitar ada empat orang dengan kondisi yang tidak bisa jalan sehingga membutuhkan kursi roda,” kata Ketua RW 03 Oji.

Dia menjelaskan, selain kursi Roda di wilayahnya nya pun membutuhkan tandu. Pasalnya, wilayah tersebut amat jauh dengan jalan raya dan masuk kendaraan roda empat.

“Selain kursi roda juga kita butuh tandu, untuk pasien yang darurat. Karena kan di wilayah sini cukup jauh sama jalan dan tidak bisa masuk mobil,” pungkasnya.

Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles