32.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

Trian Turangga Tegaskan Sinergi Semua Pihak Modal Penting Menuju Prestasi Olahraga Daerah

Cibinong | Jurnal Bogor

Sekdispora Kabupaten Bogor, Trian Turangga adalah aset “SDM” di Pemkab Bogor yang sangat cerdas, pintar dan berkarakter kuat untuk memajukan pembinaan yang bermuara pada pencapaian prestasi olahraga Kabupaten Bogor.

Ketua FPTI Kabupaten Bogor ini sudah menyiapkan konsep dan program ideal bagi Kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Bogor.

Trian Turangga yang akrab disapa TR menegaskan, Kabupaten Bogor sudah harus membangun dunia olahraganya dengan mengedepankan dan mengoptimalkan potensi atlet binaan semua cabor yang ada.

Program tersebut sudah ia lakukan di FPTI Kabupaten Bogor dengan program pembinaan pada semua klub anggota FPTI serta menggelar Liga Panjat Tebing Antar Klub anggota FPTI sebagai bahan evaluasi dari semua pembinaan yang dijalankan oleh semua klub.

“Mungkin banyak cabor lain juga yang sudah sangat fokus pada pembinaan talenta atlet binaannya sendiri,” tegasnya.

Menurutnya, pembinaan sesungguhnya itu ada di Klub atau Unit, Cabor hanya menjadi fasilitator sarana latihan, monitoring program pembinaan klub, menggelar pertandingan atau kompetisi internal cabor, memberikan vitamin atau nutrisi kepada para atlet.
Disamping itu, sambungnya cabor berfungsi sebagai pemandu bakat atlet yang nantinya akan menjadi data base calon atlet atau atlet yang diproyeksikan untuk mewakili Kabupaten Bogor dalam berbagai event olahraga berskala regional, nasional dan internasonal.

Tak hanya itu, kata TR, pembinaan olahraga di Kabupaten Bogor harus menerapkan prinsif “Membumi baru Melangit” jika ingin meraih prestasi.

Artinya, kata TR, semua elemen keolahragaan di Kabupaten Bogor harus memahami arti penting dan menjalankan sinergitas atau bersinergi satu sama lain.
” Membangun sinergitas semua lembaga atau elemen keolahragaan dengan semua stakholder di Kabupaten Bogor adalah pondasi dasar sebelum melangkah kedepan yang lebih jauh dalam merancang pembinaan berbasis prestasi,” tegas Trian, Kamis, 8 Juni 2023.

Ia menambahkan, semua hal yang berkaitan dengan olahraga tidak mutlak menjadi urusan KONI atau Dispora.
Akan tetapi, tambahnya, semua itu harus jadi tanggung jawab semua pihak.

” Prestasi dalam bidang apapun termasuk olahraga akan tercapai apabila semua pihak atau elemen bisa bersinergi dengan baik serta kompak dalam menjalankan semua program pembinaan yang berorientasi pada capaian prestasi para atlet binaan sendiri yang ada disemua cabor,” paparnya

Trian menyebutkan, Kabupaten Bogor punya banyak SDM dan Daya Dukung untuk memajukan prestasi olahraganya.

” Kabupaten Bogor ini masih belum bersinergi dengan baik antara elemen keolahragaan dengan stakholder ataupun dengan semua pihak yang bisa memajukan olahraganya. Padahal ini jadi bagian dasar sebelum kita merenda angan angan setinggi langit,” tegasnya.

Ia mengingatkan, kalau arena olahraga sangat menjunjung sportifitas dalam semua event yang bertujuan pada lahirnya sebuah prestasi dari proses pembinaan.

“Makanya jauhkan wilayah olahraga ini dari kontestasi politik ataupun kepentingan lainnya. Kabinet Olahraga harus dihuni oleh dominasi SDM keolahragaan serta di kolaborasikan dengan elemen lain yang paham, peduli dan punya visi memajukan prestasi olahraga Kabupaten Bogor,” pungkasnya. ( asep syahmid)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles