29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Menangi Lomba Tingkat Kota Bogor, Kelurahan Tanah Baru Melaju ke Provinsi Jabar Lomba Desa dan Kelurahan 2023

Bogor | Jurnal Bogor

Kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara, Kota Bogor melaju ke tingkat Provinsi Jawa Barat pada Lomba Desa dan Kelurahan 2023. Kelurahan Tanah Baru sebelumnya meraih juara pertama Lomba Kelurahan se-Kota Bogor 2023, dimana penghargaan diserahkan langsung Wali Kota Bima Arya di Balai Kota, Kamis (1/6/2023).

Min Aminah alias Bu RW 02, istri Ketua RW 02 Kastim Purnama memberikan penjelasan seputar penggunaan koran yang dijadikan anyaman

Sementara pada ekspose tahap administrasi yang dinilai tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat di Hotel Santika, Selasa (6/6/2023), Lurah Tanah Baru, Raden Ronny Kunaefi memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukannya di 11 RW. Mulai dari pendataan jumlah penduduk, kemudian keberhasilan meningkatkan kesejahteraan penduduk, menekan angka putus sekolah, pengentasan stunting, ODF dan menekan angka pengangguran, serta upaya mengatasi inflasi.

“Dalam hal stunting ada CSR gerakan minum susu di setiap RW, kemudian ada kegiatan space jualan UMKM untuk warga dalam membantu ekonomi keluarga,” ujarnya dalam ekspose.

Lurah Ronny bersama aparatur lurah dan ibu-ibu PKK

Termasuk menginventarisir fasilitas pendidikan dimana Tanah Baru memiliki satu perguruan tinggi, dan sejumlah sekolah di berbagai tingkatan mulai dari SD, SMP, dan SMA.  “Dilakukan juga kegiatan home visit, upaya deteksi dini, termasuk menekan angka putus sekolah, dan ada program Bogor Mengaji, termasuk fasilitas PKK dan belajar rutin,” jelasnya.

Lurah Ronny juga menjelaskan penanganan persampahan karena wilayahnya dilewati 4 sungai sehingga kawasan permukiman seperti perumahan tepi sungai bisa tertata lebih rapi lagi. Dijelaskan juga perihal perkembangan UMKM di Tanah Baru, termasuk teknis anyaman dari koran kepada tim juri.  

**yev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles