28.4 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Sungai Cikaniki Terlihat Keruh, Ini Kata Kapolsek

Nanggung l Jurnal Bogor

Aliran sungai Cikaniki yang terlihat keruh langsung dicek Kapolsek Nanggung AKP Joni Handoko. Pengecekan dilakukan di sepanjang aliran air Cisarua yang tembus ke sungai Cikaniki.

“Air Cikaniki keruh bukan disebabkan karena dari limbah para PETI (Penambang Emas Tanpa Ijin),” ujar Kapolsek Nanggung Joni Handoko, Senin (29).

Pihaknya telah melakukan pengecekan yang dilakukan Kanit Intel Iptu Usep Mursid bersama anggota Reskrim Polsek Nanggung menyisir aliran, mulai dari jembatan Nanggung, Desa Nanggung, jembatan Leuwibuluh Desa Bantarkaret.

Adapun hasil pengecekan di area jembatan Nanggung yang berbatasan dengan Desa Pangkaljaya didapat air sungai Cikaniki keruh berwarna coklat. Pengecekan di jembatan kecil Kp. Pondok Peucang Desa Nanggung berbatasan dengan Desa Pangkaljaya juga didapat air sungai Cikaniki keruh berwarna coklat.

Kemudian pengecekan dilakukan di Kampung Baju Rambeng Desa Curugbitung  berbatasan antara Desa Bantarkaret didapat air sungai Cikaniki agak keruh berwarna hijau kecoklatan. Tak sampai disitu, pihak kepolisian dari Mapolsek Nanggung lanjut pengecekan di jembatan Kampung Muara, air sungai Cisarua Desa Cisarua yang tembus ke sungai Cikaniki agak keruh berwarna bening kehijauan.

Pengecekan di jembatan  Leuwibuluh berbatasan dengan Desa Cisarua didapat air sungai Cikaniki agak keruh berwarna bening kehijauan. Kemudian, aliran sungai dari arah Kampung Ciguha dan PT Antam terlihat jernih dan bersih. Dari kesimpulan semua hasil pengecekan diatas didapat hasil air sungai Cikaniki keruh berwarna coklat pekat dari jembatan kecil Kampung Pondok Peucang sampai jembatan Nanggung, sementara dari jembatan Leuwibuluh sampai Kampung Baju Rambeng, air sungai Cikaniki agak keruh berwana bening kehijauan.

Adapun air sungai Cikaniki keruh akibat di sepanjang sungai Cikaniki banyak warga yang bertani dan sedang menggarap sawah guna persiapan musim tanam jenis padi.

“Para petani yang sedang menggarap sawahnya dimana airnya  mengalir ke sungai Cikaniki,” jelas Kapolsek.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles