33.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Daging Ayam di Pasaran Masih Naik, Ini Kata Ketua Paguyuban Pedagang Daging se Jabodetabek

Bogor Timur | Jurnal Bogor

Harga daging ayam di pasaran saat ini masih mengalami kenaikan hingga menyentuh angka 40 ribu rupiah per kilogram. Hal tersebut dipicu adanya banyak karyawan (anak kandang) pasca lebaran belum kembali sehingga tenaga kerja berkurang.

Selain itu, upah tenaga kerja mengalami kenaikan. Dimana sebelumnya rata-rata  Rp2000.000 per bulan, namun pasca lebaran naik menjadi Rp2.500.000 per bulan, sehingga mengakibatkan penambahan cost produksi.

Bukan hanya itu, terjadinya kenaikan harga daging ayam juga disebabkan check in (ayam masuk kandang) setelah lebaran ini sebatas permintaan (by order), sehingga produksi tidak maksimal sedangkan permintaan tetap.

Ketua Paguyuban Pedagang Daging Jabodetabek, Eka Sumantri mengungkapkan, harga ayam hidup Rp21.500, modal karkas minimal Rp33.000. Sedangkan harga di kandang Rp 20.000, kondisi ini sudah berjalan satu pekan, diperkirakan dua pekan mendatang masih diatas Rp20.000.

Kendati demikian, kata Eka, saat ini harga daging ayam di pasar masih tergolong tinggi namun dia meyakini kondisi tersebut tidak berlangsung lama. 

“Memang tidak dipungkiri bahwa harga daging ayam masih tergolong tinggi. Namun demikian kami memprediksi dalam beberapa pekan akan kembali normal,” ujar Eka Sumantri kepada Jurnal Bogor, Rabu (24/5/23).

Menurutnya, harga daging ayam di pasaran saat ini mencapai 37 hingga 40 ribu rupiah per kilogram, meski harga tersebut telah mengalami penurunan dibandingkan saat lebaran, yakni sebesar 42 ribu rupiah per kilogram.

Lebih lanjut, persoalan lain yang menyebabkan harga daging ayam masih cukup tinggi diantaranya rantai pasok yang yang dinilai belum berjalan dengan normal.  Sehingga ketersediaan ayam di peternak terbatas. 

Bahkan para peternak terpaksa memanen dini ayamnya. Seperti, ayam siap panen biasa memiliki berat 2,2 hingga 2,4 kilogram per ekor, namun saat ini ayam berat 1,2 kilogram sudah dipanen. “Pada saat itu bersamaan harga day old chicken (DOC)  naik, sehingga peternak banyak mengurangi jumlah produksi,” ujarnya.

Kemudian, keterbatasan modal mengakibatkan para peternak mengurangi jumlah check in. Bahkan diakuinya, banyak yang mengistirahatkan kandangnya.

Oleh karena itu Eka berharap agar pemerintah dapat menampung aspirasi pedagang dan membuat skema sehingga harga daging ayam tetap stabil.

Dia pun mengakui bahwa paguyuban pedagang daging ayam yang dipimpinnya ini belum maksimal dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. 

“Salah satu keluhan pedagang saat ini adalah masih adanya pungutan liar (pungli), khususnya di pasar tradisional. Dan ini yang sering dirasakan betul oleh teman-teman. Untuk itu kami meminta persoalan ini harus menjadi perhatian aparat penegak hukum,” harapnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles