29.4 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

PTSL Cikahuripan Masih Proses Pengukuran

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Cikahuripan, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, saat ini sudah memasuki tahapan pengukuran. Hal itu dilakukan setelah pihak BPN Kabupaten Bogor wilayah Bogor Timur bersama dengan pihak desa telah menyelesaikan dua tahapan sebelumnya yakni penyuluhan dan pendataan. 

Jika proses pengukuran sudah dirampungkan maka tahapan selanjutnya adalah sidang panitia, pengumuman dan pengesahan, serta penerbitan sertifikat.

“Untuk saat ini masih dalam tahapan pengukuran. Karena proses pendataan sudah selesai. Jadi berbagai keperluan untuk tahapan pengukuran ini yang sekarang kami persiapkan,” kata Sekretaris Desa Cikahuripan, Encin kepada Jurnal Bogor, Senin (22/5/23).

Menurut dia, proses pengukuran akan dilakukan terhadap 1500 bidang yang sudah dilakukan pendataan oleh BPN dan pihak desa. Hal itu dilakukan berdasarkan jumlah kuota PTSL untuk Desa Cikahuripan sebanyak 1500 berkas.

“Sesuai dengan kuota yang didapat maka proses pendataan dan pengukuran akan dilakukan terhadap 1500 bidang. Kami berharap, semua dapat berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan tanpa ada kendala,” ujarnya.

Sementara itu, Nurdin salah satu warga Desa Cikahuripan mengaku sangat senang dengan adanya program PTSL. Karena dengan begitu dirinya bisa memiliki sertifikat tanah yang dimilikinya secara turun-temurun yang sampai saat ini belum bersertifikat.

“Untuk lahan saya memang lagi mau di ukur untuk memastikan luasnya. Adapun berkas- berkas tanah sudah saya ajukan terlebih dahulu pada saat pendataan,” tukasnya.

Ia berharap, proses PTSL tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga dirinya dapat segera memiliki sertifikat tanah. Karena dengan begitu maka pada aspek keamanan lahan dapat lebih aman dari sengketa dan nilai jual tanah juga akan dapat meningkat.

“Sebenarnya dari dulu saya ingin buat sertifikat. Tapi banyak hambatannya. Makanya pada saat ada program PTSL ini langsung saya ikut mendaftar,” pungkasnya.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles