29.6 C
Bogor
Tuesday, April 30, 2024

Buy now

spot_img

Masuk Wilayah Tadah Hujan, Desa Weninggalih Dapat Program Pamsimas

Jonggol | Jurnal Bogor

Pemerintahan Desa Weninggalih, Jonggol, Kabupaten Bogor, mendapatkan bantuan Pamsimas dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Weninggalih, Mamat Rahmat yang mengapresiasi akan bantuan dari Pemprov tersebut.

“Program Pamsimas kami dapat sebelum lebaran, dan kami diberi waktu selama 120 hari kerja untuk mengerjakan pengeboran dan penyaluran air ke rumah-rumah warga,” ungkap Mamat kepada Jurnal Bogor, Minggu (21/5).

 Menurut Mamat, saat ini proses pengerjaan sudah masuk pengeboran yang terletak di RT.05 RW.02. Dan untuk penyalurannya akan di salurkan ke RT 06 dan RT 07. Pamsimas ini sendiri merupakan pengajuan dari Kelompok Masyarakat Desa Weninggalih. Sehingga, untuk anggaran dan RAB pekerjaan ini dikelola sepenuhnya oleh Kelompok Masyarakat dan anggaran langsung mendarat ke rekening kelompok.

“Kades hanya memantau saja dan memastikan pekerjaan selesai sesuai dengan RAB yang sudah dibuat. Itupun, untuk rumahnya kata pendamping Pamsimas tidak masuk ke dalam RAB. Jadi harus memakai anggaran swadaya masyarakat,” bebernya.

Mamat berharap, pekerjaan ini bisa selesai sesuai waktu yang ditentukan, apalagi kata dia, Desa weninggalih ini wilayah tadah hujan yang sangat sulit sekali untuk menemukan sumber air. Sehingga, masih sangat membutuhkan sekali bantuan-bantuan pengeboran seperti ini.

“Kami juga sudah mengajukan untuk pembangunan embung kepada Pemkab Bogor. Semoga saja tahun ini masuk ke dalam anggaran, karena ada beberapa titik kampung yang sama sekali sulit untuk dilakukan pengeboran karena kondisi airnya yang sangat jelek dan berbatu. Sehingga solusinya adalah dibangunkan embung,” cetusnya.

Sementara Koordinator lapangan bidang air bersih DPUPR Kabupaten Bogor, Iyan menyampaikan untuk di Kecamatan Jonggol ada 2 desa yang mendapatkan bantuan Pamsimas. Yaitu, Desa Balekambang dan Desa Weninggalih.

“Untuk Desa Weninggalih sudah melalui uji Geolistrik, makanya langsung dikerjakan. Namun untuk Desa Balekambang belum melalui uji Geolistrik, dan sudah saya lakukan teguran karena sudah dikerjakan sebelum ada izin Geolistrik,” pungkas Iyan.

Untuk diketahui, Pamsimas adalah Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Pamsimas merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi pedesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Pamsimas merupakan aset masyarakat yang dikelola oleh KP SPAMS, 1005% menjadi milik masyarakat, sedangkan apabila ada sarana terbangun yang berasal dari APBDes (10% dari total nilai RKM) dicatat sebagai aset desa.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles