29.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Cari Makan, Kera dari Gunung Kapur Turun ke Permukiman

Ciampea | Jurnal Bogor 

Kawanan kera ekor panjang hampir setiap hari turun ke permukiman warga di Kampung Cibadak, Desa Badak, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Aktivitas kawanan kera ini tidak menggangu warga sekitar karena kera tersebut berasal dari Gunung Kapur yang berada tidak jauh dari pemukiman. 

Menurut warga, Endang, kawanan kera tersebut hampir setiap hari turun ke permukiman hanya mencari makanan, dan saat ini tidak begitu banyak yang turun ke permukiman.

“Hampir setiap hari, kalo siang gini hanya kawanan kecil saja yang turun. Ramainya mereka ini pagi dan sore, mereka hanya mencari makan,” katanya.

Selain di permukiman warga, kawanan kera juga terlihat di area tumpukan sampah yang menggunung di Pasar Ciampea Baru.

Biasanya aktivitas kera-kera tersebut kata dia, mencari berbagai makanan di tumpukan sampah itu.

“Sudah delapan bulan kera-kera ini tidak terlalu banyak yang turun ke permukiman, sekarang-sekarang ini  kera tersebut hanya berada di tumpukan sampah yang ada di belakang pasar,” kata salah satu pedagang sayur yang berada di area pasar, Enah. 

Dia mengatakan, untuk kera dengan jumlah yang banyak turun ke pemukiman atau ke pasar itu terjadi musiman yang biasanya setahun sekali. 

“Dulu sempat turun dengan jumlah ratusan keberadaannya cukup meresahkan, karena mengganggu aktivitas warga terlebih di pasar,” katanya.

** Andres 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles