27.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Dapat Kunjungan dari Badung Bali, Damanhuri Ajak Warga untuk Pertahankan Prestasi

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintahan Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, kembali  mendapatkan kunjungan dari Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi dan Desa Perbekel  Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, dalam rangka orientasi lapangan studi tiru, Sabtu (13/5/23).

Kepala Desa Penarungan Ni Wayan Keni, SH mengatakan, tujuan Pemerintahan Desa Penarungan datang ke Desa Gunung Putri selain untuk melakukan studi tiru juga sebagai pelengkap, karena sebelumnya BPD se-Kabupaten Badung sudah mengunjungi desa ini.

“Pada sebelumnya seluruh BPD mendatangi Desa Gunung Putri. Dan dari penyampaian mereka inilah kami pun menjadi tertarik untuk melihat sendiri apa yang mereka sampaikan, dan memang betul dan sangat luar biasa,” ujar Ni Wayan kepada Jurnal Bogor.

Tadi pun, sambung Ni Wayan, disuguhkan dengan berbagai inovasi yang sudah dijalankan oleh Desa Gunung Putri. Dengan hasil prestasi yang sudah ditorehkan, dia berniat akan mengaplikasikan apa yang dilihat sesuai dengan potensi di desanya.

“Desa kami identik dengan pertanian, progam ketahanan pangan yang tadi kami lihat mungkin bisa untuk kami aplikasikan di desa kami. Ada beberapa kemiripan antara Desa Gunung Putri dan desa kami, tinggal kita matangkan terutama di bidang pengelolaannya di masyarakat yang begitu manut kepada kadesnya,” cetus Ni Wayan.

Sementara, Kepala Desa Perbekel Abiansemal I Da Bagus Bisma Wiratma juga terkagum dengan sistem digitalisasi Desa Gunung Putri. Dirinya optimis akan mengaplikasikan desa digital di Abiansemal.

“Saya tertarik dengan desa digitalnya, dimana pemasangan CCTV yang hampir ada di setiap gang, itu sangat membantu sekali serta bisa mengurangi tingkat kriminalitas,” terangnya.

Selain itu juga, sambung I Da Bagus, pertanian dan ketahanan pangan sangat bisa diaplikasikan di Desa Perbekel Abiansemal, mengingat Desa Perbekel Abiansemal adalah salah satu desa yang memproduksi bahan sampah laut untuk dijadikan souvenir dan lampu hias.

“Begitupun untuk perpustakaan, karena Desa Abiansemal juga mendapatkan bantuan dari Kementerian untuk perpustakaan, namun tidak seindah perpustakaan yang sudah ada di Desa Gunung Putri,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kades Gunung Putri, Damanhuri mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Perbekel Abiansemal dan Pemerintah Desa Penarungan. Dirinya yang baru menjabat 3 tahun menjadi kepala desa sangat terkesan atas kunjungan-kunjungan yang dilakukan dari luar Jawa.

“ Tidak jumawa, tapi kami akan terus mencoba meraih prestasi sehingga nama Desa Gunung Putri bisa mengharumkan Kabupaten Bogor sampai kanca nasional. Dan saya optimis dengan kesolidan yang dibentuk di Desa Gunung Putri. Nantinya nama desa ini bisa dikenal sampai ke mancanegara atau internasional,” paparnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Gunung Putri untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih, mengingat dengan banyaknya tamu yang datang secara otomatis akan mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

“Oleh karena itu untuk warga yang masih tertidur, bangun mari maju dan berkembang secara bersama-sama,” pungkasnya.

 ** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles