33.1 C
Bogor
Tuesday, May 28, 2024

Buy now

spot_img

Berbagi Ala PT SBI Narogong di Bulan Suci Ramadan 1444H

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Kepedulian terhadap sahabat difabel, anak-anak yatim piatu dan kaum duafa merupakan salah satu cara memastikan perwujudan lingkungan yang inklusif. Sejalan dengan komitmen global Sustainable Development Goals (SDGs) untuk memastikan tidak ada satupun kelompok yang tertinggal (no one left behind) dalam proses pembangunan.

Di sekitar area operasional PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, masih terdapat anak-anak yatim piatu, sahabat difabel dan kaum duafa yang memerlukan perhatian khusus agar dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Salah satu warga yang berasal dari kelompok Sahabat Perempuan Kepala Keluarga Berdaya (Sartika Berdaya) – program binaan SBI Pabrik Narogong, Reni Pujiasih menyampaiakan, dirinya pernah merasakan perjuangan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dalam kekurangan.

Menurutnya, Sebelum tergabung dengan kelompok Sartika Berdaya, Reni seringkali mengalami kesulitan hingga terpaksa menjual rumah. Namun berkat kerja keras, keinginan yang kuat serta semangat pantang menyerah untuk menghidupi keluarga dengan sebaik-baiknya, dia berhasil memiliki kehidupan yang layak.

” Di kelompok ini saya mendapatkan banyak pengalaman berharga mulai dari bimbingan dan pelatihan untuk mengelola kondisi ekonomi hingga pendampingan dan pemberian stimulan usaha yang membantu dan merubah kehidupannya,” paparnya kepada Jurnal Bogor, Rabu (18/4/23).

Selain keterlibatan dalam program pemberdayaan masyarakat, sambung Reni, dirinya juga merasakan manfaat lainnya dari program-program yang diberikan oleh SBI Pabrik Narogong, salah satunya adalah dengan menjadi penerima santunan dan paket sembako di bulan suci Ramadan.

“Saya sangat berterima kasih atas apa yang diberikan oleh SBI Pabrik Narogong kepada kami. Tidak hanya pendampingan dan pembinaan dalam program, namun juga kepedulian dari Perusahaan yang telah berbagi berkah di bulan suci Ramadan tahun ini,” ujarnya.

Sementara, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong, Nur Lailiyah mengatakan Sebagai perusahaan BUMN yang tumbuh dan besar bersama masyarakat, SIG bersama anak usahanya menggelar kegiatan Safari Ramadan 1444H di seluruh wilayah operasional Perusahaan yakni Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Sulawesi Selatan.

” SBI Pabrik Narogong memberikan santunan kepada 160 anak yatim dan sahabat difabel, 2700 paket sembako untuk fakir miskin dan kaum duafa yang berada di sekitar area operasional, serta bantuan karpet untuk sarana ibadah di 9 masjid sekitar Pabrik Narogong yang dilakukan sejak tanggal 10-14 April 2023,” ungkapnya.

Selain itu SBI, lebih lanjut Laily menjelaskan, SBI juga menyelenggarakan kegiatan Tarling (Tarawih keliling) dan pembagian takjil bersama masyarakat sekitar pabrik.
Berbagi di bulan suci Ramadan menjadi salah satu bentuk pengamalan untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat sekitar.

“Ramadan adalah buIan penuh kemuliaan yang menjadi momentum untuk menebar kemanfaatan bagi sesama. Sebagai salah satu bentuk komitmen dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), kami berupaya untuk memberikan kebahagiaan dalam bentuk apapun yang dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan mereka. Semoga kita dapat terus mempraktikkan nilai-nilai kebaikan di dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Nur Lailiyah.

Untuk diketahui, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. 

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles