33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Butuh Waktu 10 Menit, Tim ERG Antam Pongkor Berhasil Tutup Pipa Tailing Bocor

Bogor | Jurnal Inspirasi

Tim Reaksi Cepat Emergency Response Group (ERG) PT Antam Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor, berhasil dengan cepat menutup pipa saluran tailing yang bocor. Hebatnya lagi, Tim ERG hanya butuh waktu 10 menit untuk memperbaiki jaringan pipa air limbah yang bocor itu.

“Begitu kami menerima laporan ada pipa saluran tailing bebas Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di tanjakan arah jalan menuju Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Rabu sekitar pukul 05 : 00 WIB, tim langsung bergerak,” kata Manager CSR PT Antam UBPE Pongkor, Arif Saleh, dalam keterangannya kepada Jurnal Inspirasi.co.id, Senin (17/04/2023).

Arif menjamin, air yang keluar dari pipa bocor itu tidak berbahaya, karena air tersebut sudah dinetralisir dari kandungan limbah B3. “Air yang keluar dari pipa bocor itu aman, nah untuk lebih jelasnya silakan ditanyakan langsung kepada warga,” ujar Arif.

Tokoh masyarakat (Tomas) Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Abang Ipong membenarkan, air dari pipa tailing yang bocor beberapa hari lalu itu tidak berpengaruh apa-apa.

“Kalau air itu berbahaya dan mengandung racun, pastinya ikan-ikan yang ada diempat kolam sudah pada mati, karena air dari pipa tailing bocor itu masuk ke empat kolam, namun nyatanya sampai sekarang masih hidup tuh,” ungkap Abah Ipong menegaskan.

Abang Ipong, kembali menegaskan, selain ikan-ikan di kolam yang masih hidup, ikan kecil yang disebut cere yang hidup di aliran Sungai Cikaniki masih pada lincah.

“Air dari pipa yang bocor itu kan terbawa hingga ke Sungai Cikaniki, selama 30 menit saya menelusuri aliran Cikaniki, tapi lagi lagi, saya tidak menemui ada ikan ikan yang mati. Jadi sekali lagi saya tegaskan, terkait pipa Antam yang bocor dan menggenangi Jalan Raya Bantar Karet, tak satupun warga yang mengeluh apalagi protes, sebab mereka tahu, kalau air di saluran pipa tersebut, 100 persen aman dan tidak mengandung B3,”ungkap Abah Ipong yang dipertegas Tomas lainnya bernama Wak Ablo.

Sebagai informasi, kebocoran pipa air tailing itu diameternya kurang dari 1 centi meter besarnya hanya seujung jari kelingking manusia, panjang seperti irisan silet 0,000001 milimeter, karena air yang disalurkan di pipa menuju bak-bak penampungan itu aman, petugas dari tim cepat ERG, tanpa kesulitan melakukan perbaikan pipa. *

Editor: Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles