27.6 C
Bogor
Friday, June 14, 2024

Buy now

spot_img

Pertama Kali Akreditasi, PPMKP Kementan Komitmen Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Penyelenggaraan PKN Tingkat II

Ciawi | Jurnal Bogor

Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Kementerian Pertanian sebagai lembaga penyelenggara Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II terus berkomitmen meningkatkan kualitas, efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pelatihan, salah satunya melalui akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Proses akreditasi yang kini tengah dilakukan PPMKP memasuki tahap verifikasi dokumen, dimana Tim Assesor melakukan verifikasi on site atau pencocokan data/dokumen pendukung di sistem dengan kondisi “lapangan” yang sebenarnya dan wawancara terhadap penyelenggara pelatihan beberapa hari lalu.

Akreditasi merupakan langkah untuk menjamin dan memberikan keyakinan pada publik bahwa pelatihan PKN Tingkat II yang diselenggarakan oleh PPMKP sesuai dengan tata cara penyelenggaraan pelatihan PKN Tingkat II dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai lembaga pemerintah yang berwenang menentukan kebijakan penyelenggaran pelatihan bagi ASN.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa peningkatan kapasitas ASN yang andal menjadi agenda penting dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern, karenanya peningkatan kualitas penyelenggaraan pelatihan akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas SDM-nya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengungkapkan kunci faktor produktivitas yang tinggi dan murah tetapi efektif, cepat dan tepat. Teknologi informasi sangat penting mengurangi input atau biaya produksi, sehingga untuk meningkatkan produktivitas diperlukan peningkatan kompetensi SDM Pertanian melalui lembaga pelatihan pertanian yang kredibel dan terakreditasi.

Hadir sebagai Tim Assesor, Hartoto mengatakan bahwa proses verifikasi on site dilakukan untuk memvalidasi dokumen pendukung dengan fakta yang sebenarnya.

“Kita akan cocokkan, faktanya seperti apa yang kita lihat dengan dokumen/data yang telah diupload di sistem”, jelas Hartoto.

Kepala PPMKP, Yusral Tahir dalam arahannya mendukung penuh komitmen peningkatan kualitas penyelenggaraan PKN Tingkat II dan berharap hasil yang terbaik

“ini adalah kali pertama PKN Tingkat II diakreditaso, kami berharap hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Kami akan terus melakukan perbaikan penyelenggaraan PKN Tingkat II”, tutur Yusral.

** Nita/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles