25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Anak di Kecamatan Cariu Rawan Putus Sekolah

Cariu | Jurnal Bogor 

Persoalan ekonomi dan pendidikan memang seperti dua mata sisi uang yang tidak terpisahkan. Terkadang faktor ekonomi sangat menunjang kualitas pendidikan yang dimiliki seseorang. Begitu juga sebaliknya, kualitas pendidikan seseorang akan menjamin perekonomian orang tersebut.

Di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor persoalan pendidikan harus menjadi sorotan dari Pemkab Bogor. Pasalnya, anak-anak di Kecamatan Cariu rawan putus sekolah dan tidak mendapatkan pendidikan yang layak dengan alasan kondisi ekonomi keluarga yang kurang menunjang. Selain itu, kurangnya minat untuk menempuh pendidikan hingga jenjang yang tinggi juga menjadi salahsatu persoalan sulit berkembangnya kualitas sumber daya manusia di Cariu.

“Kami dari pihak kecamatan sudah berusaha untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya sekolah, namun semuanya kembali lagi kepada anaknya masing-masing,” ujar Sulistiati, Kasi Ekbang Kecamatan Cariu kepada Jurnal Bogor, Senin (20/03/23).

Menurut dia, banyaknya anak putus sekolah menjadi salah satu persoalan di Kecamatan Cariu. Hal itu terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi anak menjadi putus sekolah diantaranya kurangnya minat untuk bersekolah.

“Banyak yang masih berpikir jika sekolah dan menempuh pendidikan itu tidak penting. Jadi dengan pendidikan seadanya mereka merasa sudah cukup,” ujarnya.

Selain itu, faktor ekonomi menjadi salah satu masih maraknya anak putus sekolah di Kecamatan Cariu. Faktanya, rata-rata warga di Kecamatan Cariu ini berasal dari kalangan ekonomi yang rendah. Hal tersebut, lanjutnya menghambat keinginan anak untuk bersekolah.

“ Selain itu, kesulitan transportasi juga menjadi faktor yang membuat anak menjadi putus sekolah. Tidak ada kendaraan online yang sampai ke Kecamatan Cariu. Kendaraan umum di Cariu pun terbatas sehingga menyulitkan anak untuk pergi ke sekolah.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengurangi permasalahan tersebut, Pemerintah Kecamatan Cariu berusaha membangun sekolah di daerah pelosok yang mudah di akses oleh masyarakat dan melakukan sosialisasi kepada anak-anak terkait pentingnya pendidikan untuk masa depan.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles