Home Potret Desa Didengar Langsung Masyarakat, Panitia Pilkades Desa Ciomas Rahayu Lakukan Kampanye Dialogis

Didengar Langsung Masyarakat, Panitia Pilkades Desa Ciomas Rahayu Lakukan Kampanye Dialogis

Kampanye dialogis Pilkades Desa Ciomas Rahayu.

Ciomas | Jurnal Bogor 

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Ciomas Rahayu, Ciomas, Kabupaten Bogor menggelar kampanye dialogis di balai warga RT 01 RW13. Kampanye ini berlangsung malam hari dihadiri empat calon kades, Muspika Kecamatan Ciomas dan para pendukung calon. Selain para calon memaparkan visi misi dihadapan masyarakat, calon juga harus menjawab pertanyaan yang diajukan warga dalam hal kemajuan desanya. 

Panitia Pilkades Desa Ciomas Rahayu, Raditya Putra Nusanto mengungkapkan, Pilkades Ciomas Rahayu ada empat calon yang maju. Tahapan saat ini yakni kampanye, sesuai dengan kesepakatan bersama digelar kampanye dialogis. 

“Alasan digelar kampanye dialogis pertama para calon sudah melakukan sosialisasi dan blusukan ke warga.  Kampanye dialogis dikemas seperti pelaksanaan Pilkada, ada pemaparan visi misi dan tanyakan jawab,” ujarnya.

Menurutnya, kampanye dialogis merupakan ajang kampanye cerdas yang diperlukan masyarakat guna memberikan edukasi pemilih dengan menyampaikan gagasan supaya pemilih memiliki pemikiran cerdas dan rasional.

Setelah semua calon kades, memaparkan visi dan misinya, mereka harus menjawab pertanyaan dari masyarakat yang hadir. Ketika yang hadir di acara kampanye dialogis animonya kurang disebabkan kurangnya sosialisasi dari para RT dan RW sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya kegiatan ini.

“Kampanye dialogis digelar selama dua hari dan yang hadir juga dibagi dua zona. Intinya, kita ingin memperkenalkan para calon kepada masyarakat secara utuh tidak asal milih,” ungkapnya.

Sementara salah satu calon kepala Desa Ciomas Rahayu, Seli mengaku sangat kurang puas akan animo masyarakat yang hadir pada kampanye dialogis. Padahal, ini merupakan momentum para calon untuk memperkenalkan programnya kepada masyarakat.

“Dihari kedua kampanye dialogis, tentunya panitia harus lebih gencar lagi mensosialisasikan agar banyak yang hadir di acara kampanye dialogis. Selain itu, yang yang menjadi keluhan masyarakat bisa dijawab secara detail oleh para calon sesuai dengan programnya,” tukasnya.

** Andres 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version