27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Tiga Organisasi Kolaborasi Adakan Kejar Ijazah Paket A, B dan C Gratis

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Untuk kesekian kalinya PWI Kabupaten Bogor Sekretariat Bogor Timur berkolaborasi dengan Bogor Timur Jurnalis (BTJ) mengadakan kegiatan sosial kemanusiaan. Kali ini, 2 organisasi di Bogor Timur ini menggandeng Karang Taruna Desa Gunung Putri dan bekerja sama dengan PKBM Bakti Satria melaksakan kegiatan kejar paket A, B, dan C secara gratis.

Ketua Sekretariat PWI Bogor Timur, Nay Nur’ain menyampaikan bahwa kegiatan sosial seperti ini sering dilakukan dan bisa dibilang menjadi kegiatan rutin serta menjadi agenda tahunan mengingat masih banyak hal – hal yang belum tersentuh oleh pemerintah di wilayah Bogor Timur. 

“Join kolaborasi dengan organisasi jurnalis yang ada di Bogor Timur itu saya rasa harus dilakukan, bukan karena tidak mampu berdiri sendiri melainkan untuk menjalin silaturahmi agar tidak menjadi pengkotak – kotakan antarorganisasi di wilayah Bogor Timur khususnya, ” papar Nay biasa disapa.

Kepala Biro Harian Jurnal Bogor wilayah Bogor Timur itu menyebut, seorang jurnalis bukan hanya harus ada hasil karyanya melainkan harus pula berguna dan bisa membantu masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Tidak semua masyarakat itu berani mengutarakan kesusahannya jika tidak adanya pendekatan, dan peran jurnalislah untuk melakukan pendekatan tersebut kepada masyarakat, ” ujarnya.

Oleh karena itu, Nay menjelaskan perlu mengadakan kegiatan kejar izasah paket A, B dan C yang berkolaborasi antara PWI Sekret Bogor Timur, BTJ, Katar Desa Gunung Putri dan PKBM Satria bakti.

“Untuk warga Bogor Timur yang putus sekolah karena faktor biaya atau hal lain, bisa bergabung dan mengikuti kegiatan kejar ijazah paket ini kami sediakan secara gratis,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Bogor Timur Jurnalis (BTJ), Sudadi mengatakan kerjasama antarorganisasi jurnalis itu sangat dibutuhkan, selain untuk menghindari konflik di lapangan juga untuk saling sharing bertukar informasi.

“Jika perlu di setiap kegiatan sosial yang diadakan semua organisasi jurnalis yang ada di wilayah Bogor Timur ikut berkontribusi dan bergabung, jika bersama – sama kemungkinan kegiatan bisa besar dan lebih meriah,” cetusnya Dadi sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, Dadi mengajak masyarakat Bogor Timur untuk memanfaatkan program – program yang diadakan oleh organisasi jurnalis.

“Kami membutuhkan peran masyarakat untuk menggali informasi dan masyarakat membutuhkan jurnalis untuk mendapatkan informasi. Kesinambungan ini harus terus terjalin dalam hal apapun, pada intinya jurnalis akan selalu ada ditengah masyarakat,” ungkap pria berambut gondrong tersebut.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Desa Gunung Putri, Rifa’i menyampaikan program PKBM ini memang menjadi program utama Katar Desa Gunung Putri dan secara kebetulan kolaborasi jurnalis yang dimotori oleh Nay dan Dadi memiliki satu visi yang sama.

“Maka kami berkolaborsi untuk mengadakan kegiatan ini. Untuk kegiatan kejar ijazah paket A, B dn C ini kami khususkan terlebih dahulu di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Gunung Putri, Klapanunggal dan Cileungsi, ” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan jika menjelajah wilayah kecamatan yang berada di ujung timur. Mulai dari jarak dan biaya transportasi, karena saat ujian nanti mau tidak mau para peserta kejar paket harus hadir untuk mengikuti ujian di lokasi PKBM yang ada di Desa Gunung Putri.

“Saya berharap kegiatan sosial seperti ini bisa terus berjalan, dan saya ucapkan terimakasih kepada PWI dan BTJ yang sudah melibatkan Katar Desa Gunung Putri untuk kegiatan ini, dan kami akan selalu siap jika dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan lain,” imbuhnya.

** nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles