27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Jangan Tamak

Bogor | Jurnal Bogor
Tamak adalah salah satu sikap keserakahan yang dilarang keras dalam ajaran Islam. Karena keserakahan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Kerakusan juga merupakan penyakit hati. Adapun orang yang menggoda seseorang untuk tamak, bisa jadi karena harta dan kekuasaan.

Manusia pada umumnya sangat mencintai kekayaan, tidak puas dengan sedikit atau banyak kekayaan, terus mencari kekayaan, dan sangat rakus akan ingin mencapai impiannya.

Kekayaan menjadikan tujuan untuk sangat mencintainya, lupa bahwa sifat dari harta ini adalah fana. Padahal, harta seorang hamba adalah harta yang digunakan untuk beramal dan harta yang digunakan dengan cara lain oleh Allah.

Tentang mereka yang mengingini harta dan tidak membelanjakannya di jalan Allah. maka orang seperti itu pasti tidak bahagia dan binasa. Dia mengalami kesulitan di dunia dan di akhirat. Pecinta harta dan pecinta dunia, yang lebih memilih dunia ini daripada akhirat, adalah orang yang paling tidak beruntung.

Hati-hati dengan keserakahan. Nafsu harta berujung pada dosa seperti penipuan, pencurian, perampokan, korupsi dan pelit.

Keserakahan akan dunia membuat orang memandang rendah, sifat ini ia gambarkan sebagai orang yang haus ingin minum air laut, semakin banyak minum air laut semakin haus.

Kebiasaan orang serakah adalah selalu lapar dan haus akan hal-hal duniawi. Semakin dia menerima dan memiliki, semakin dia lapar dan haus.

Sehingga mereka tidak bisa benar-benar menikmati apa yang mereka miliki, tetapi menjadi beban hidup. Semoga Allah menjauhkan kita dari sifat keserakahan.

** Qurratul Ain Arifah B/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles