26.7 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Diungkap Saat Sosialisasi Empat Pilar, Diah Singgung Soal Krisis Identitas pada Anak Muda

Bogor | Jurnal Bogor

Sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, kembali digelar Diah Pitaloka, Anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR-RI. Dalam pemaparannya di Gedung PPIB, Baranangsiang, Kota Bogor, Diah yang menjadi anggota DPR/MPR dari daerah pemilihan Kota Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu menyoroti soal krisis identitas atau kebangsaan disebagian kalangan anak muda Indonesia.

“Maksud dari krisis identitas itu masih banyak anak muda yang belum tahu jati dirinya ke depan arahnya mau kemana, mau seperti apa dan inilah tantangan kita ke depan,” kata Diah, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/02).

Selain krisis identitas, lanjut Diah, anak-anak muda di Indonesia juga masih banyak yang belum paham arti dari pancasila. Padahal, menurut, pengertian Pancasila itu sangat dalam tetapi sederhana, dan bisa menyentuh semua kehidupan, misalnya budaya.

“Tapi kita jarang mengeksplornya. Dan tadi juga yang dikhawatirkan ada pertanyaan tentang krisis identitas bangsa Indonesia. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana kita berbicara pancasila tidak hanya menjadi satu kata, tapi sebagai filosofi sebagai sesuatu yang membuat bangsa Indonesia yang punya gambaran untuk melakukan sesuatu untuk Indonesia lebih maju,” jelasnya.

Diah mengungkapkan, identitas kebangsaan dan Pancasila itu harus ada di jiwa anak muda, namun sampai hari ini masih krisis identitas tentang nilai kebangsaan.

“Saya rasa ini harus mengedepankan nilai-nilai Pancasila melalui program-program rencana pemerintah,” ucapnya.

Bahkan, menurut Dian, penyebaran nilai-nilai luhur Pancasila itu bisa juga melalui penyiaran maupun konten-konten, agar nilai-nilai yang terkandung dari setiap sila dari 1 sampai 5 bisa diterjemahkan dan dimengeti semua generasi muda.

“Kami berharap nilai-nilai pancasila bisa disosialisasikan oleh teman-teman yang ada di DPRD dan juga eksekutif, agar masyarakat paham tentang nilai-nilai kebangsaan itu,” pungkasnya

** Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles