29.6 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Drainase tidak Berfungsi, Warga Citeko Kebanjiran 

Cisarua | Jurnal Bogor

Akibat drainase yang berada di bahu jalan di wilayah Cisarua dan Megamendung, Kabupaten Bogor tidak berfungsi dengan baik, wilayah tersebut acap kali banjir kala musim penghujan. Kondisi ini membuat masyarakat kewalahan dan kecewa. 

Seperti yang terjadi di jalan alternatif Cikopo Selatan, tepatnya di wilayah Desa Citeko, Cisarua. Sejak satu pekan ini masyarakat disana selalu disibukkan dengan air yang masuk ke rumah, akibat luapan air dari badan jalan yang menggenang seperti sungai.

“Di lokasi ini tidak ada drainase, ditambah banjir di setiap turun hujan ini terjadi akibat ada tembok benteng setinggi 2 meter, hingga disaat hujan air memenuhi badan jalan,” kata warga sekitar Edi, Minggu (19/02).

Untuk mengatasi banjir tersebut, kata dia, warga sudah berupaya dengan membuat lubang pembuangan. Namun kondisinya tidak maksimal hingga jika volume air besar, dan saluran itu menjadi tersumbat.

Terkait hal ini, warga dan pengendara berharap adanya langkah kerja dari instansi terkait.

“Ini tidak bisa dibiarkan, instansi PUPR Ciawi harus turun tangan untuk mengatasi permasalahan ini,” harap warga lain, Heri.

 Dengan terjunnya petugas teknis, sambungnya, diyakini banjir disini akan tertangani.

“Selain membuat tidak nyaman, juga bisa merugikan pemerintah. Karena badan jalan yang tergenang air layaknya sungai akan merusak kondisi badan jalan itu sendiri,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, petugas pengawas dari PUPR wilayah Ciawi, Yanto mengatakan, di tahun ini Pemkab Bogor akan melakukan penangan terhadap perbaikan badan jalan yang ada di wilayah Kecamatan Cisarua.

“Perbaikan drainase dan betonisasi badan jalan akan dilaksanakan di tahun ini. Titiknya adalah ruas jalan yang mau ke Pasar Cisarua,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles