30.6 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Sambo Gunakan Kacamata Selama Persidangan, Pakar Forensik Singgung Strategi “Nerd Defense”

Bogor | Jurnal Bogor

Pakar psikologi forensik menyoroti kebiasaan Ferdy Sambo belakangan ini yang kerap memakai kacamata selama persidangan. Tak bisa diremehkan, ternyata cara Ferdy Sambo berkacamata dalam setiap usahanya adalah sebuah strategi.

Hal itu diungkapkan psikolog forensik Reza Indragiri Amriel yang menilai apa yang dilakukan Ferdy Sambo merupakan strategi untuk memoles citranya sebagai pribadi yang baik. Tujuan strategi Ferdy Sambo adalah meringankan vonis.

Reza mengatakan, cara memakai kacamata di persidangan Ferdy Sambo dikenal dengan nerd defense, yang mana terdakwa menampilkan dirinya sebagai orang luar dengan menggunakan kacamata seperti pribadi sopan dan saleh.

Dengan kata lain, seorang terdakwa yang dalam keadaan normal tidak pernah memakai kacamata tiba-tiba selalu menggunakan kacamatanya selama persidangan. Reza mengatakan, penggunaan kacamata terdakwa di persidangan atau penggunaan taktik nerd defensif telah diteliti secara ilmiah melalui berbagai penelitian.

Hasilnya, tersangka berkacamata terlihat lebih cerdas dan tidak pemalu sehingga mengurangi kesan kriminal.

“Pada akhirnya, kecil kemungkinan terdakwa akan dinyatakan bersalah. Atau karena dia terlihat lebih manusiawi, hukumannya bisa lebih ringan,” kata Reza. 

** Ulan Damayanti/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles