24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Pengrajin Gelang Akar Bahar Sebut Saat Ini Banyak Peminat 

Tamansari | Jurnal Bogor 

Gelang akar bahar saat ini banyak peminatnya, baik dari kalangan pemuda maupun orang tua. 

Hal itu diutarakan oleh pengrajin gelang akar bahar, Marno. Dia telah menggeluti kerajinan tangan yang konon gelang tersebut berkhasiat jika digunakan.

Pria warga Kampung Sukamaju, Desa Sukamantri, Tamansari, Kabupaten Bogor itu sudah empat tahun menggeluti kerajinan dari akar yang berasal dari tanaman laut yang merambat di atas karang. 

“Meski belum banyak penelitian dan riset komprehensif terkait manfaat yang bisa diambil dari pengguna akar bahar laut yang termasuk dalam jenis hewan laut keluarga Anthozoa, hewan yang tidak memiliki tulang belakang,” jelasnya.

Jadi kata dia, dari informasi yang didapat, bahar diyakini bukan tumbuhan biasa. Karena memiliki kegunaan dan fungsi bagi yang menggunakan.

“Banyak cerita tumbuhan akar bahar ini mampu menjaga kesehatan dan menimbulkan kekuatan tubuh untuk penggunanya,” katanya.

Diakuinya, membuat dan memasarkan gelang bahar disesuaikan permintaan.

“Gelang akar bahar ini terus diminati tidak hanya orang dewasa atau orang tua saja, tapi kini muda-mudi juga memakainya. Makanya saya buat minimalis dan Fashionable sehingga bisa mengikuti permintaan pembeli,” ucap Marno.

Dirinyapun memberikan pesan terhadap Persaudaraan Bahar Indonesia (PBI) agar terus berkarya.

“Teruslah berkarya selagi kita bisa karena untuk saat ini ekonomi sedang mulai sulit, khususnya para penjual atau pun pengrajin semangat terus jangan putus asa karena Allah selalu memberi rejeki kepada hambanya,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles