27.1 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Dua Fokus Kerja Kementan Tahun 2023, Perluas Diversifikasi dan Tingkatkan Ekspor

Jakarta | Jurnal Bogor

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong jajaran kerjanya memperluas diversifikasi pangan lokal dalam menekan produk impor seperti gandum dan daging sapi. Menurut SYL, masyarakat bisa menanam berbagai pangan lokal seperti unikayu dan memperbesar budidaya kambing sebagai pengganti sapi.

“Kita harus menyikapi dan mengantisipasi importasi melalui subtirusi impor. Katakanlah besok yang bersoal adalah daging sapi, karena itu kita harus siapakan kambing. Kemudian kita siapkan juga singkong, sagu, surgum dan gandum untuk mengendalikan gandum. Tentu ini bukan hal yang mudah karena itu harus berkerjasama dengan mitra dan pemerintahan daerah,” ujar SYL, Rabu, 25 Januari 2023.

Berikutnya, kata SYL, pemerintah mendorong peningkatan ekspor produk pertanian Indonesia melalui berbagai program seperti peningkatan produksi dalam negeri serta gerakan tiga kali ekspor atau geratieks.

“Kita tingkatkan ekspor yuk. Semua yang berkait dengan ekspor harus kita dorong. Katakanlah sarang burung walet, kopi, kelapa dan juga porang. Semua harus kita dorong agar mampu menjaga inflasi,” katanya.

Karena itu, SYL berharap, rakernas pertanian 2023 menjadi konsolidasi emosional bagi seluruh jangan dan juga mitra lainya dalam mewujudkan berbagai program nasional. Pertanian harus tumbuh dan menjadi penopang utama bagi perekonomian Indonesia.

“Tentu langkah langkah kita tidak semudah kamarin. Karena itu kita harus bekerja lebih keras lagi. Dan tentu kkehadiran 2800 orang ini harus menjadi konsolidasi emuaional dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan ke depan,” katanya.
 
Sebagau informasi, pada triwulan II 2020, PDB Sektor Pertanian tumbuh positif 16,24 persen (q to q) dan terus berlanjut pada 2022. Disisi lain, Nilai Tukar Petani (NTP) juga terus membaik, bahkan pada penutupan tahun 2022 (Desember 2022) mencapai 109,0.

** Kementan/ppmkp

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles