Ngeri, Banyak ODGJ di Kabupaten Bogor?

0
ilustrasi/net

Bogor | Jurnal Bogor

Kesehatan jiwa sangat penting. Hal itu menjadi indikator dari setiap aktivitas yang dilakukan. Tentu, agar optimal. Kendati begitu, tak sedikit masyarakat yang terhantam ganguan kesehatan jiwa. Faktonya, tak ayal karena tekanan pikiran.

Faktanya, ada  35 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor bakal dievakuasi petugas Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor.

Penanggung Jawab Program Lintas Sektor dan Intergrasi RSJ Marzoeki Mahdi Kota Bogor Iyep Yudiana mengatakan, 1 Februari mendatang pihaknya akan melakukan  pemeriksaan dan evakuasi masaal ODGJ berat dari wilayah Kecamatan Cileungsi.  “Fasilitas layanan ini gratis. Kami akan lakukan jemput gratis. Dan, pasien nanti akan di rawat di RSJ Marzoeki Mahdi,” katanya, Senin (23/01).

Sementara itu terkait evakuasi Iyep mengatakan,, dilakukan juga pemeriksaan oleh psikiater, dokter, perawat jiwa, penyuluh kesehatan, pekerja sosial. “Adapun, antar jemput gratis ini akan diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Cileungsi, 35 ODGJ dari tiga wilayah binaan puskesmas yang berada di Kecamatan Cileungsi,” terangnnya.

Informasi terhimpun, evakuasi masal tersebut melibatkan ODGJ berat, ODGJ pasung, ODGJ terlantar, ODGJ kambuh, ODGJ baru, dan ODGJ yang belum pulih.

“Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Cileungsi, menyambut baik kehadiran RSJMM untuk memeriksa dan mengevskuasi ODGJ di Cileungsi untuk dirawat dan diobati di RSJMMM”, ujar Camat Cileungsi Adhi Nugraha, disela sambutannya belum lama ini.  

** Yosan Hasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here