Home News Apdesi Nanggung Apresiasi PT Antam Pongkor Fasilitasi Studi Tiru 

Apdesi Nanggung Apresiasi PT Antam Pongkor Fasilitasi Studi Tiru 

Nanggung | Jurnal Bogor 

Untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi desa menuju desa mandiri, PT Antam Tbk (UBPE) Pongkor memfasilitasi kegiatan studi tiru ke Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Dalam kegiatan tersebut para kepala desa se-kecamatan Nanggung dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) turut juga Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Nanggung dan UPT pendidikan serta kesehatan.

Kegiatan yang bertajuk “Strategi memanfaatkan dan meningkatkan potensi desa menuju desa mandiri” itu  berlangsung lima hari dari Selasa  hingga Sabtu (21/1).

Ketua Apdesi Kecamatan Nanggung Jani Nurjaman mengatakan, bahwa kegiatan tersebut selain untuk meningkatkan harmonisasi pemdes di Kecamatan Nanggung juga untuk menggali potensi desa. 

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan harmonisasi pemerintahan desa juga memperdalam pemahaman tentang menggali potensi dan memecahkan masalah yang dihadapi untuk kemajuan desa kedepan terutama disektor peningkatan Ekonomi,” kata Jani yang merupakan Kades Kalongliud. kemarin.

Studi tiru ini untuk melihat dari dekat pengelolaan Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, salah satunya pengelolaan Dana Desa, potensi wisata dan manajemen Bumdes.

“Dimana desa Pujon Kidul ini sudah mampu menghasilkan PAD sampai Rp 2,4 miliar per tahun, dengan teknis pengelolaannya oleh Bumdes,” ucap Jani.

Dengan begitu, kata Jani, dari hasil studi tiru tersebut bisa mengaplikasikan desa yang sudah pihaknya kunjungi tentu mendapatkan beberapa ilmu baru untuk diterapkan.

“Ketika kami pulang maka kami bisa mengelola potensi alam yang ada, sehingga kami dapat mengimplementasikan apa yang kami lihat, dan kami dengar, agar kami dapat menjadikan desa lebih maju untuk kesejahteraan masyarakat,” papar Jani.

Jani pun mengucap terimakasih terhadap perusahaan PT Antam Pongkor yang telah memfasilitasi kegiatan studi tiru tersebut. 

“Tentu Kami ucapkan terima kasih kepada PT Aneka Tambang Tbk UBPE Pongkor, yang telah memfasilitasi kami dalam kegiatan studi tiru ini, semoga Antam semakin jaya,” tungkasnya.

** Andres

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version