Lakukan Assessment, Damanhuri Berharap Warga Mencintai Pojok Baca Digital 

0
Damanhuri

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Pascalaunching Pojok Baca Digital di Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Pustaka Kementerian Pertanian kembali datang berkunjung untuk melakukan assessment untuk 17 lokasi pojok baca khusus untuk literasi sosial, Senin (16/01/23).

Kepala Desa Gunung Putri, Damanhuri mengatakan, kunjungan Pustaka Kementerian Pertanian perihal kebutuhan yang diperlukan oleh setiap pojok baca yang ada di 14 RW di Desa Gunung Putri.

“Dari 14 RW itu ada 17 titik Pojok Baca Digital yang tersebar, dan saat ini dikhususkan untuk literasi sosial. Jadi, targetnya adalah warga masyarakat umum yang mengalami kesenjangan sosial agar dengan membaca bisa menambah ilmu pengetahuan,” papar Daman Huri kepada Jurnal Bogor.

Selain itu, sambung A Heri, selain membaca nanti mereka yang menggeluti pertanian dan akan diberikan pemahaman secara langsung, berupa literasi, dan pembelajaran. Selain membaca tata cara bertani mereka juga akan mendapatkan pelatihannya, karena dari Pustaka Pertanian ini akan melakukan kunjungan rutin nantinya setiap 2 kali seminggu.

“Jadi, jika nanti dalam buku yang dibaca ada hal yang tidak dipahami, dan sebagainya bisa langsung ditanyakan saat ada pelatihan nantinya. Oleh karena itu, saya undang hari ini 17 ketua pojok baca yang tersebar di 14 RW tersebut agar nantinya bisa mensosialisasi apa yang didapatkan dari pertemuan hari ini,” papar A Heri sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah adanya Pojok Baca Digital ini ada sedikit perubahan, dimana minat baca di kalangan remaja dan milenial mulai bertambah dan berdatangan. Maka, untuk fasilitas kami upayakan bisa membuat nyaman para pembaca.

“Memang untuk buku di pojok baca itu hanya sedikit, karena kami sudah menyediakan tablet yang berisikan aplikasi dan langsung berpusat di Perpustakaan Nasional. Jadi, semua jenis buku yang dibutuhkan ada disana, dan untuk yang menginginkan buku tersebut dibawa pulang bisa ngeprint dengan biaya ditanggung masing-masing,” ujarnya.

Dia berharap, adanyanya Pojok Baca Digital ini bisa meningkatkan minta baca para remaja di Desa Gunung Putri khusunya, agar nantinya kita bisa mempersiapkan calon pemimpin masa depan untuk Gunung Putri. 

“Buku itu sumber ilmu, dan hanya mereka yang ingin menambah pengetahuanlah yang akan mendekat ke Pojok Baca Digital ini. Kegiatan ini bagian dari upaya kami untuk menciptakan bibit-bibit baru pemimpin masa depan Desa Gunung Putri,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here