Bangun Jalan Desa, Irigasi dan TPT, Samisade di Sadengkolot Rampung

0

Leuwisadeng | Jurnal Bogor 

Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2022 di Desa Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor kini telah rampung.

Penggunaan anggaran bantuan keuangan insfratruktur desa yang dicairkan dua tahap itu digunakan untuk 4 item pengerjaan di satu titik lokasi kegiatan yakni pembangunan jalan desa di Kampung Pabuaran Dua, RW 07 dan RW 08 dengan pengaspalan sepanjang 1.250 meter dan lebar 3 meter ditambah pelebaran jalan, drainase dan Tembok Penahanan Tanah  (TPT).

“Realisasi anggaran bantuan keuangan infrastruktur desa Samisade untuk mendorong transparansi penyelenggaraan pembangunan. Alhamdulillah yang sekarang 40 persen tahap kedua sudah selesai,” kata Sekretaris Desa Sadengkolot Sadiman, kemarin.

Kini, masyarakat pun turut gembira dengan jalan tersebut yang sudah rampung. Tak hanya pengguna jalan, bahkan para petani pun merasakan. Sebab  ada drainase yang dibangun untuk mengairi pesawahan masyarakat di dua RW.

“Titik tersebut adalah sektor yang utama sangat dibutuhkan, yang awalnya kurang lebar kita lebarkan agar kendaraan roda empat tidak lagi bergantian,” ucapnya.

“Sementara untuk irigasi itu bisa bermanfaat terhadap sektor pertanian yang mana airnya dibuang langsung ke irigasi pertanian manfaatnya untuk masyarakat pengguna air di dua RW termasuk TPT penahan jalan,” tambahnya.

Bahkan masyarakat sekitar pun menyambut Samisade ini sangat antusias yang mana mereka bersyukur ada perubahan di lingkungan tersebut yang bisa menopang perekonomian. 

Pasalnya, di wilayah tersebut mayoritas masyarakat selain petani dan ada juga produksi anyaman bambu sehingga dengan infrastruktur jalan bagus, memobilisasi masyarakat untuk sektor ekonomi bisa meningkat.

“Dengan adanya bantuan infrastruktur desa ini masyarakat cukup antusias. Bahkan seperti pedagang dan para petani merasa bersyukur,” tukasnya.

** Andres 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here