25.9 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Baru Selesai, Jalan Kalongliud-Bantarkaret Sudah Mulai Rusak Lagi

Nanggung | Jurnal BogorĀ 

Baru beberapa bulan selesai dikerjakan, jalan milik pemerintah daerah di ruas jalan Kalongliud-Bantarkaret, Nanggung, Kabupaten Bogor sudah kembali terkelupas dan berlubang. Kondisi itu membuat warga sekitar menutup jalan yang berlubang di tengah jalan mengunakan belahan batu dan karung sebagai tanda pengguna jalan harus hati-hati saat melewati jalan tersebut.

Padahal, jalan akses untuk ke wilayah perusahaan BUMN yakni PT Antam Pongkor itu peningkatan jalan dengan nilai kontrak sebesar Rp 2.417.025.000,00 dengan penyedia CV Wahesna Jaya Utama dan konsultan pengawas PT Demensi Ronakon. 

Menurut anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Nanggung Repi yang sering kali melewati jalan itu mengaku sangat menyayangkan kondisi jalan yang belum lama proses peningkatan jalan sudah rusak kembali.

“Dalam proses pembangun dan pemeliharaan luar biasa bagus. Tapi tidak butuh waktu lama keadaan jalan saat ini semakin buruk dengan kondisi jalan berlubang,” katanya.

Program penyelenggaraan jalan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Bogor itu, Repi meminta para pihak terkait harus bertanggung jawab atas kondisi jalan berlubang tersebut.

“Masyarakat saat ini sering sekali banyak mengeluh dengan keadaan kondisi jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan,” paparnya.

Dia menegaskan, dalam pemeliharaan jalan atau peningkatan jalan saat ini harus benar-benar di perhatikan.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKB, Nurodin setelah mendengar kabar keadaan jalan tersebut kembali rusak mengaku sangat geram. Sebab, kata Nurodin keadaan jalan yang sudah mulai terjadi kerusakan ini sangat tampak terlihat karena pengerjaan asal-asalan.

“Saya yakin pihak penyedia jasa tidak memedomani RAB dan spek bangunan yang sudah disusun konsultan perencana, yang seharusnya menjadi acuan kerja lapangan,” kata Nurodin saat dihubungi Jurnal Bogor, Senin (9/1/2023).

Menurutnya, jalan yang seharusnya bagus dari hasil pembangunan yang dibiayai uang rakyat yang nilainya tidak sedikit, mestinya bertahan lama.

“Ini baru beberapa bulan saja sudah nampak terlihat mulai terjadi kerusakan,” ucapnya.

Dia menekan, penyedia jasa agar cepat menyelesaikan dan memperbaiki kembali jalan yang sudah rusak tersebut.

“Saya minta penyedia jasa segera menyelesaikan. Karena jalan ini masih dalam masa retensi dan pemeliharaan, maka mohon tunjukan keseriusan dan tanggung jawab agar pembangunan yang dibiayai uang rakyat ini betul-betul manfaat dan sesuai harapan rakyat,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles