28.8 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Replika Masjid Al-Aqsa Akan Hadir di Sukamakmur

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Untuk memastikan pembangunan Replika Masjid Al-Aqsa dan Pondok tahfiz Al Quds, Presiden Direktur International Networking for Humanitarian (INH) Luqmanul Hakim bersilaturahmi ke Camat Sukamakmur, Bakri Hasan, Jumat (23/12).

Luqmanul Hakim mengatakan, perencanaan pembangunan Replika Masjid Al-Aqso dan Pondok Tahfiz Al Qods sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu.

“Rencana kita akan membangun Replika Masjid Al-Aqsa di atas lahan 14.300 meter persegi, untuk masjidnya 10.000 meter,  dan 4.000 meter untuk Pondok Tahfiz, serta 300 meter untuk perkiraan dan lainnya,” ujar Luqmanul Hakim kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya, kunjungannya ke Kecamatan Sukamakmur untuk berkoordinasi sekaligus silaturahmi dengan pihak kecamatan, mengingat ada rencana INH akan membuat wisata religi dengan Replika Komplek Masjid Al-Aqsa, yang sudah digagas sejak tahun 2020.

“Selain silaturahmi kita juga berkoordinasi berkaitan dengan status lahan yang akan dibangun, jangan sampai sudah ada pembangunan ada gejolak-gejolak atau konflik yang tidak diinginkan terkait status kepemilikan lahan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah sejauh ini kita sudah menyerahkan penuh kepihak notaris untuk memverifikasi legalitas berkas, sampai kemarin sudah di cek ke BPN segala macamnya. Bahkan lingkungan juga sudah diselesaikan, dari pihak pemerintah juga mengatakan Insya Allah lokasi ini aman ga ada permasalahan,” sambungnya.

Dirinya berharap, wisata religi ini secepatnya dibangun, tapi tetap menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah apa yang harus dipenuhi, baik secara prosedural, dan aturan mainnya bagaimana untuk dimulai pembangunan.

“Menurut informasi, dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor tinggal menunggu keputusan atau kebijakan regional yang harus diselesaikan terkait Desa Sukamulya,” paparnya.

Untuk sumber anggaran untuk pembangunan sendiri, dirinya membuka program donasi wakaf, dan mencari donatur untuk pembangunan ini kedepannya.

” Kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Jawa Barat, dan sedang kita buatkan konsepnya agar Gubernur juga turut andil dalam pembangunan ini,” cetusnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles